Maju Di Pilkades 2023, Ihsan Suka Jaya; 'Singan Pekon Kham Bujaya'

Senin, 21 Agustus 2023

Maju Di Pilkades 2023, Ihsan Suka Jaya; 'Singan Pekon Kham Bujaya'

Senin, 21 Agustus 2023,


LAMSEL, BONGKARSELATAN.COM -
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan (Lamsel) akan segera menggelar Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak yang akan dilaksanakan pada 31 Agustus 2023 mendatang. Diketahui, ada 42 Desa yang akan menggelar pemilihan Kepala Desa yang tersebar di 13 Kecamatan se- Kabupaten Lamsel.


Dan Kecamatan Penengahan ada Lima Desa yang akan menghelat Kontestasi Politik, diantaranya Desa Kekiling, Blambangan, Rawi, Ruang Tengah, dan Desa Sukajaya.


Berbagai calon yang bakal maju di Pilkades masing-masing sudah mendapatkan nomor urut. Para calon siap bertarung pada 31 Agustus 2023 mendatang, baik dari tokoh masyarakat dan tokoh pemuda siap mencalonkan diri untuk membangun Desa mereka masing-masing.

Konstalasi pemilihan Kepala Desa yang kian menarik dan menyita perhatian masyarakat. Tentunya Calon kontestan telah mempersiapakan diri bertarung dan merebut kursi kosong satu Desa atau menjadi orang nomor satu di tingkat Desa. Perhelatan ini tentunya disambut antusias dan hangat oleh masyarakat di Desa, salah satunya Desa Suka Jaya, Kecamatan Penengahan.


Ihsan, S.Pd.I salah satunya, sosok tokoh adat yang mendapatkan nomor urut 1 dari 2 calon menyatakan sikap maju mengambil bagian dalam kontestasi Pilkades di Desa Suka Jaya Kecamatan Penengahan. Seperti diketahui bahwa dia merupakan sosok tokoh adat dengan gelar Temenggung Ihsan dan ingin mengabdikan diri dengan gagasan-gagasannya untuk pembangunan yang berkelanjutan di desanya. Dengan slogan 'Singan Pekon Kham Bujaya'.



Bukan tanpa alasan, Ihsan, S.Pd.I yang sebelumnya pernah menjabat sebagai Abdi Negara Sipil (Guru di tingkat SD) pensiun pada tahun 2019, kemudian menjabat Ketua BPD Desa Suka Jaya dua periode, sejak tahun 2010 hingga tahun 2023 ini menyatakan siap maju di Pilkades serentak 2023 ini, karena merasa terpanggil untuk turut membangun tanah kelahirannya tersebut.

“Tujuan saya mengikuti pencalonan Kades semata-mata untuk membuat perubahan dan memajukan Desa Suka Jaya lebih baik di segala bidang. Saya rasa, saatnya orang yang berilmu harus mengambil peran dalam membangun desa untuk memberikan kontribusi kemajuan bagi daerah. Saatnya kami mengambil peran dan memberikan pemikiran-pemikiran serta ikut berpartisipasi membangun desa tercinta ini,” kata pak Temenggung.

 

Menurutnya, pembangunan di Kabupaten Lampung Selatan harus merata di semua desa, termasuk di Desa Suka Jaya, untuk mengakomodir hal tersebut dibutuhkan pemimpin yang siap dan mampu memberdayakan masyarakat bersama-sama membangun Desa.

“Pembangunan di Desa Suka Jaya harus merata, dimulai dari meningkatkan pemberdayaan Sumber Daya Manusia (SDM) masyarakat desa di berbagai bidang,” ungkap pria kelahiran 1959 tersebut.



Lanjutnya, melihat peluang itu, dirinya telah menyiapkan program-progran unggulan yang tercermin dari Visi dan Misi jika terpilih sebagai Kepala Desa Suka Jaya. Jika dirinya nanti diberi amanah menjadi Kades maka akan menjadikan Desa Suka Jaya yang mandiri dengan segala potensinya. Serta akan melibatkan semua elemen masyarakat dalam membangun desa secara bersama. Baik itu pemuda, tokoh adat serta masyarakat dan tokoh agama, semua akan dilibatkan. Selain itu, transparansi soal anggaran maupun kebijakan tidak lagi menjadi barang rahasia.



“Visi saya adalah membangun Desa Suka Jaya pada periode 2023 - 2029 mewujudkan Desa Suka Jaya yang maju, mandiri dan berkelanjutan melalui tata kelola pemerintahan yang penuh tanggungjawab dalam penggunaan anggaran dan pelayanan. Lalu bermitra untuk kepentingan desa, bermusyawarah mufakat dalam pengembangan sumber daya yang ada di desa," terangnya, pada Minggu (20/8/2023).


Kemudian pelayanan prima dibidang Kesehatan dan pendidikan serta pembangunan infrastruktur desa untuk kesejahteraan warga masyarakat Desa Suka Jaya. Dan terakhir dibidang kepemudaan yang lebih kreatif dan produktif.

"Atas nama pribadi dan keluarga, saya mengharapkan dukungan dan support dari semua elemen masyarakat, tokoh agama, tokoh kehadatan, sesepuh kampung, saudara, dan teman-teman. Doakan saya agar dipermudah dalam segala urusan pada saat Pilkades nanti. Saya juga berharap, pelaksanaan Pilkades di Desa Suka Jaya berjalan lancar, aman dan kondusif, sukses sesuai tahapan dan menghasilkan pemimpin yang diinginkan masyarakat,” ujar Temenggung Ihsan, S.Pd.I.



Bahkan, kata dia, sejumlah program jangka pendek, menengah dan jangka panjang telah dia persiapkan untuk membangun Desa Suka Jaya. Di antarannya, meningkatkan pelayanan publik yang ramah sehingga tugas-tugas Pemerintahan Desa dapat berjalan secara efektif dan efisien, masyarakat terlayani dengan nyaman. Untuk itu, dirinya berkomitmen akan membangun Desa Suka Jaya jika nanti terpilih menjadi Kepala Desa periode 2023-2029 nanti.



“Minak puakhi indai kanca seunyini, payo kham jadion Pekon kham lebih Berjaya. Dan Saya optimis dengan niat yang tulus, serta atas dorongan dari tokoh-tokoh masyarakat dan kehadatan di Desa Suka Jaya, sebab masyarakat membutuhkan figur pemimpin baru, melayani dan berkualitas untuk mengabdi bagi masyarakat.” Pungkas Temenggung Ihsan, S.Pd.I.
(Red)

TerPopuler