Kolaborasi Dengan PERCASI, DBFM Radio Adakan Lomba Catur Bagi Pelajar Tingkat Kabupaten

Senin, 28 Maret 2022

Kolaborasi Dengan PERCASI, DBFM Radio Adakan Lomba Catur Bagi Pelajar Tingkat Kabupaten

Senin, 28 Maret 2022,


 KALIANDA, Bongkarselatan.com – Sebanyak 76 peserta pelajar SD & SMP berpartisipasi mengikuti Lomba Catur Tingkat Pelajar SD, SMP Se-Kabupaten Lampung Selatan Tahun 2022.

Lomba Catur yang diinisiasi oleh Radio DBFM bersama Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Kab. Lampung Selatan berlangsung di aula Rimau kantor BAPPEDA Lampung Selatan pada Senin, (28/3/2022).

Adapun rincian peserta yang mengikuti perlombaan terdiri dari peserta tingkat pelajar SD sebanyak 31 orang dan peserta tingkat SMP sebanyak 45 orang dari berbagai sekolah di wilayah hukum Kabupaten Lampung Selatan.

Ketua pelaksana lomba catur, Raflan Siahaan melaporkan kegiatan ini akan dilaksanakan selama satu hari dan dilaksanakan sebanyak 6 babak pertandingan dengan menggunakan sistem swiss.

“Tujuan kami mengadakan lomba ini untuk mengembang kemampuan, minat para pelajar belajar pada bidang catur khususnya di Kab. Lamsel dan juga menumbuhlan sportivitas kompetisi sejak dini,” terang Raflan yang juga pengurus Percasi Lamsel.

Selain itu, Raflan mengatakan terjalinnya kerjasama antara Percasi Lamsel dengan Radio DBFM dalam kegiatan lomba tersebut diharapkan dapat mendatangkan banyak manfaat bagi masyarakat dan dapat terus terjalin.

“Peran serta radio DBFM dalam kegiatan lomba tersebut sebagai media menyebarluaskan informasi di Kabupaten Lampung Selatan sekaligus sebagai momentum memperkenalkan Radio DBFM lebih luas lagi kepada masyarakat,” jelasnya.

Sementara Direktur Radio DBFM Rudi Suhaimi mengapreasisi keterlibatan radio dalam gelaran lomba tersebut. Ia menerangkan Radio ini sebagai sarana atau media informasi di Kabupaten Lampung Selatan dalam hal menangkal berita hoaks atau berita bohong dengan memberikan informasi yang akurat.

“Dalam hal ini radio ikut mengadakan macam-macam kegiatan yang dianggap diluar konteks radio, karna radio itu tidak melulu berada diruang siaran,” tegas Rudi.

Ia juga tak lupa mengucapkan selamat bertanding kepada para peserta lomba catur dengan menerapkan sportivitas sehingga para peserta dapat mempelajari filosofi dari permainan catur tersebut.

“Selamat datang dan selamat bertanding bagi para peserta, perlombaan ini bukan persoalan menang atau kalah melainkan filosofi dari pertandingan catur itu sendiri yang bisa diserap,” ungkapnya.

Sementara membuka acara perlombaan, Staf Ahli Bupati Bidang Ekobang dan Kemasyarakatan Yespi Cory mengatakan, melalui gelaran perlombaan ini diharapkan dapat mengasah kemampuan peserta sejak dini.

“Dengan ada lomba catur ini dapat menciptakan
generasi muda yang berprestasi dalam bidang olahraga catur baik di tingkat provinsi atau nasional,” katanya

Dalam kesempatan itu, Yespi Cory juga meminta kepada semua pihak terkait, untuk menjadikan lomba ini sebagai turnamen tahunan yang lebih ditingkatkan lagi baik dari sarana dan prasarana maupun keikutsertaan peserta lomba.

“Agar kita lebih banyak dapat menjaring atlit catur berbakat di Lampung selatan dalam rangka mempersiapkan pada kompetisi yang lebih tinggi lagi,” pungkas Yespi. 

(red/Hy).


TerPopuler