Resmi Dibuka Bupati Lamsel Musrenbang Kecamatan Katibung, Nanang; Anggaran Hingga 265 Miliar

Kamis, 01 Februari 2024

Resmi Dibuka Bupati Lamsel Musrenbang Kecamatan Katibung, Nanang; Anggaran Hingga 265 Miliar

Kamis, 01 Februari 2024,


LAMSEL, BONGKARSELATAN.COM -

Bupati Lampung Selatan (Lamsel) H. Nanang Ermanto resmi membuka Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Katibung, yang dihelat di Lapangan Komplek Desa Sukajaya, Kecamatan Katibung, pada Kamis (1/2/2024).


Kegiatan tersebut dihadiri oleh segenap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Lamsel, DPRD Dapil setemapat, Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkopinmcam) Katibung, Camat Katibung Abdul Rahman, seluruh Kepala Desa se-Kecamatan Katibung, serta masyarakat seputaran Kecamatan Katibung.

Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto mengungkapkan, "Acara Musrenbang Kecamatan Katibung ini adalah untuk mengajak mengikutsertakan seluruh elemen masyarakat, tokoh masyarakat, OPD dan tokoh-tokoh pemuda, apa perencanaan yang akan dibangun untuk tahun 2025 untuk kesejahteraan masyarakat Kabupaten Lampung Selatan," ungkapnya.


Lanjutnya, "Musrenbang ini untuk bagaimana perumusan pembangunan ini, DPRD memperkuat usulan dari tokoh-tokoh masyarakat dalam hal untuk realisasi apa yang diprioritaskan. Jadi disini terimakasih anggota DPRD juga hadir jadi disini," terang Nanang.

Masih kata Nanang, "Pembangunan infrastruktur juga harus kita kolaborasi dimana sebuah pembangunan jalannya mulus tapi Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Sumber Daya Manusia (SDM) di bawah rata-rata ini akan mempengaruhi pertumbuhan ekonomi masyarakat kita, maka ketika jalan ini sudah mulus dan sudah baik, mari kita tingkatkan sumber daya manusianya SDMnya ini sangat penting," tegasnya.


Nanang juga menjelaskan, "karena ini menyangkut juga nanti ketika kita mendapat bagaimana kita bukan mengharapkan dari berbagai pendapatan Daerah tapi ini juga nanti mempengaruhi bagaimana kita mengambil anggaran di Dana Pusat. Nah ini harus kita tingkatkan semua. Pemerintah Daerah saat ini Bapak Ibu sekalian dalam kondisi yang sangat sulit bukan di Lampung Selatan saja. provinsi Lampung Bapak Ibu sekalian keadaan keuangan daerah dalam suatu saat ini adalah lagi sulit. Apalagi dengan pesta demokrasi banyak pengeluaran anggaran untuk Bawaslu dan KPU dan lain-lain," jelasnya lagi.

"Tapi disaat yang sulit, Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan bisa mengeluarkan 265 Miliar untuk anggaran pembangunan infrastruktur di Kabupaten Lampung Selatan," kata Nanang Ermanto.


Ia melanjutkan, "Alhamdulillah Lampung Selatan sudah menyelesaikan 416 unit rumah tidak layak huni menjadi Rumah layak Huni, termasuk dari program Gaserbu (Gerakan Sehari Seribu,Red). Sentral UMKM Kecamatan Katibung harus di tingkatkan, kita jangan hanya mengandalkan APBD saja untuk mencerdaskan dan mensejahterakan masyarakat," ucapnya.

"Jangan karena perbedaan pilihan ini kita terpecah belah. Pesta demokrasi adalah suatu kebahagiaan, hari kebahagiaan untuk pesta demokrasi khususnya Negara Kesatuan Republik Indonesia. Kita Masyarakat jangan mau diadu domba, jangan mau kita dipecah belah hanya untuk kepentingan-kepentingan sesaat." Pungkas Bupati Lamsel.

(Red)



 

TerPopuler