Panwaslu Kecamatan Gelar Bimtek di SMA Negeri 2 Kalianda.

Minggu, 04 Februari 2024

Panwaslu Kecamatan Gelar Bimtek di SMA Negeri 2 Kalianda.

Minggu, 04 Februari 2024,

LAMSEL, BONGKARSELATAN.COM - Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kecamatan Kalianda menggelar Pembekalan & Bimbingan Teknis (Bimtek) Kepada 267 Pengawas Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Aula SMA Negeri 2 Kalianda, Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel) Sabtu, (3/2/2024).


Kegiatan tersebut dimulai pada Pukul 09 : 30. WIB, selain Ketua Panwaslu Kecamatan Kalianda Rela Setia, S.Sos.I., M.E. juga hadir Divisi Hukum, Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan  Hubungan Masyarakat (HPPHM) Yusrul Huda, S.Pd.I. Divisi Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa (PPPS) Riyan Hidayat, S.Pd.I serta Mubsir, A.Md selaku Kepala Sekretariat Panwaslu Kecamatan Kalianda dan Jajaran Staff. 


Dalam sambutannya Rela Setia mengatakan bahwa Pelaksanaan Kegiatan ini merupakan Agenda Penguatan Kelembagaan bagi Pengawas TPS yang nanti akan melaksanakan Tugas Pengawasan di TPS pada saat Pemungutan Suara pada tanggal 14 Februari 2024 mendatang.



Lanjut Ia memaparkan Tujuan utama Pembekalan & Bimtek ini adalah memberikan pemahaman yang lebih mendalam terkait Proses Implementasi Tugas, Wewenang dan Kewajiban Pengawas TPS sebagaimana diatur dalam UU No. 7 Tahun 2017 Tentang Pemilu Pasal 114, 115, 116. 



"Kedua, Kita berharap dengan adanya kegiatan ini, Pengawas TPS dapat lebih mematangkan keilmuan &  pengetahuan tentang bagaimana memaksimalkan proses Pengawasan di TPS. Ketiga, Pengawas TPS dalam melaksanakan tugas haruslah senantiasa mengutamakan Koordinasi dengan Pimpinan setingkat diatasnya yaitu Pengawas Desa/Kelurahan nya masing-masing," Terang ketua Panwas kalianda itu.



Yusrul Huda selaku Divisi HPPHM meminta para pengawas TPS memanfaatkan kegiatan ini dengan sungguh - sungguh, agar pada hari pemungutan suara berjalan dengan baik, lancar dan aman, tidak terjadi pelanggaran atau Sengketa. 


"Kalau benar benar kita laksanakan peraturan pengawasan ini sesuai dengan perundang - undangan, InsyaAllah mudah mudahan pemilu tanggal 14 Februari nanti, khusunya di kecamatan kalianda ini berjalan sesuai apa yang kita harapkan," Ucap ketua Yusrul saat memberikan sambutan Bimtek kepada 267 Pengawas TPS. 


Sementara itu Apri salah satu peserta Panwas TPS  dari Desa Tajimalela mengatakan dirinya baru kali pertama menjadi petugas pengawas TPS, Ia sangat terbantu serta dapat pemahaman dalam kegiatan Bimbingan Teknis pada hari ini.


"Kegiatan ini sangat membatu saya, selain menambah ilmu saya juga mengerti apa saja yang harus saya kerjakan di TPS nantinya, karena saya baru pertama kali ikut kegiatan dalam pemilu dan menjadi Panwas di TPS," Ucap Apri saat jam istirahat.


Adapun kegiatan Bimtek bagi pengawas TPS itu berdasarkan Undang - Undang No. 7 Tahu 2017 Tentang Pemilihan Umum, Peraturan Bawaslu No. 3 Tahun 2020 Tentang Pola Hubungan dan Keputusan Ketua Bawaslu RI Tentang Petunjuk Teknis Pembentukan Pengawas TPS No. 498/HK.01.01/K1/12/2023

 (Is)

TerPopuler