Musrenbangdes Rawi Prioritaskan Pembangunan Fisik di RKPDes 2024

Kamis, 19 Oktober 2023

Musrenbangdes Rawi Prioritaskan Pembangunan Fisik di RKPDes 2024

Kamis, 19 Oktober 2023,


LAMSEL, BONGKARSELATAN.COM -

Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Musrenbangdes) adalah proses musyawarah antara Badan Permusyawaratan Desa (BPD), Pemerintah Desa (Pemdes), dan unsur masyarakat yang diselenggarakan untuk menyepakati hal yang bersifat strategis dalam pembangunan.


Musdes juga adalah salah satu proses partisipatif dalam penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) yang dilaksanakan oleh Pemdes bersama dengan masyarakat, yang merupakan penjabaran dari Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes) selama 1 (satu) tahun kedepan.

Sama halnya yang dilaksanakan oleh Pemdes Rawi, Kecamatan Penengahan, Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel) menggelar Musrenbangdes RKPDes Tahun 2024 yang digelar di Balai Desa setempat, pada Rabu (18/10/2023).


Acara tersebut di hadiri langsung oleh Camat Penengahan Jaelani S, STP, MH, Sekretaris Camat (Sekcam) Penengahan Hermawan, SH, MM, Ketua BPD dan anggota, Ketua LPM, Babinsa, Bhbinkamtibmas Aipda Rodiansyah, Pendamping Desa Kecamatan Penengahan, KUPTD PU, KUPTD Puskesmas, Pendamping Lokal Desa Rawi, seluruh Aparatur Desa Kuripan, serta seluruh para undangan yang hadir. 


Kepala Desa Rawi Muhammad Amin, mengatakan bahwa kegiatan Musrenbangdes tersebut untuk membahas rancangan RKPDesa tahun 2023 dan daftar usulan tahun 2024.


"Masyarakat diharapkan bisa mengajukan seluruh usulan-usulan yang paling dibutuhkan oleh masyarakat, berdasarkan regulasi yang ada. Dan di tahun 2024 kita akan prioritaskan pembangunan fisik," terangnya pada jurnalis Bongkarselatan.com.


Dirinya berharap, "mudah-mudahan ini semua bisa cepat dapat terealisasi dan bermanfaat untuk masyarakat." Pungkas Kepala Desa Rawi Muhammad Amin.

(Red)






TerPopuler