Kejayan Kekeringan, PMI Kabupaten Pasuruan Distribusikan 10.000 Liter Air Bersih

Rabu, 16 Agustus 2023

Kejayan Kekeringan, PMI Kabupaten Pasuruan Distribusikan 10.000 Liter Air Bersih

Rabu, 16 Agustus 2023,

JATIM, BONGKARSELATAN.COM -

Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur (Jatim) mendistribusikan air bersih di wilayah Kecamatan Kejayan, pada Rabu (16/8/2023).


Pendistribusian air bersih yang dilaksanakan oleh PMI Kabupaten Pasuruan merupakan respon untuk memberikan bantuan kepada masyarakat Kabupaten Pasuruan yang mengalami kekeringan dan kekurangan air bersih. 

Dilansir di website Kabpasuruan.go.id kini Kabupaten Pasuruan sudah berstatus Tanggap Darurat Bencana Kekeringan. Terdapat beberapa Kecamatan yang sudah mengalami kekeringan diantaranya yaitu Kecamatan Lumbang, Gempol, Winongan, Pasrepan, Lekok, dan Kejayan.


PMI Kabupaten Pasuruan mendistribusikan air bersih di Wilayah Kecamatan Kejayan di Desa Ambal-Ambil, Klangrong dan Kedung Pengaron. Pendistribusian air bersih tersebut sudah di distribusikan mulai tanggal 13 Agustus 2023. 

Camat Kejayan Wijaya Sugianto mengungkapkan, “awal Juli kemarin kami mengajukan 3 Desa yang terdampak kekeringan, dan yang agak parah yaitu Desa Ambal-Ambil. Dan mudah-mudahan untuk Pemerintah Daerah dapat merealisasikan untuk dilaksanakan pembangunan sumur bor, sehingga untuk warga di Kecamatan Kejayan tidak terdampak kekeringan kembali,“ ujar Wijaya Sugianto.


Ditempat yang sama ketua PMI Kabupaten Pasuruan H. agus Sutiadji menyampaikan bahwa pendistribusian air bersih merupakan respon dari PMI tentang surat dari PMI Pusat, PMI Jawa Timur dan Pemerintah Daerah Kabupaten Pasuruan mengenai tanggap darurat kekeringan.

Dan PMI mengirimkan 10.000 Liter air bersih perhari untuk Kecamatan Kejayan Kabupaten Pasuruan. Bantuan air bersih dari PMI sangat dibutuhkan oleh masyarakat, karena digunakan untuk kebutuhan sehari-hari untuk air minum. 


"Bantuan dari PMI Kabupaten Pasuruan ini sangat bermanfaat untuk warga, karena sebelum adanya bantuan air bersih warga mengkonsumsi air resapan dari Sungai yang sudah bercampur dengan kotoran dan sampah. Selain itu, beberapa warga juga mengambil air di sumur Desa sebelah yang lokasinya lumayan jauh dari Desa Ambal-Ambil dengan cara manual yaitu dengan di angkat menggunakan kayu. Dengan adanya bantuan yang diberikan oleh PMI Kabupaten Pasuruan ini sangat membantu warga untuk pemenuhan kebutuhan air bersih sehari-hari," terang Kepala Desa Ambal-Ambil Saiful Anwar.

PMI Kabupaten Pasuruan akan mendistribusikan bantuan air bersih di Wilayah Kecamatan Kejayan yaitu selama kurang lebih (-+) satu Bulan kedepan, sehingga masyarakat Kecamatan Kejayan bisa tercukupi kebutuhan air bersihnya untuk pemenuhan kebutuhan sehari-hari. 


Selain itu juga, PMI Kabupaten Pasuruan untuk program kedepan juga akan berkoordinasi dengan pihak yang terkait untuk membantu pelaksanaan pembuatan Sumur Bor di Wilayah Kecamatan Kejayan.

(Red)

TerPopuler