Sempat Terjadi Antrean Panjang di Dermaga Eksekutif, ASDP Bakauheni Sigap Uraikan Kendaraan

Senin, 24 April 2023

Sempat Terjadi Antrean Panjang di Dermaga Eksekutif, ASDP Bakauheni Sigap Uraikan Kendaraan

Senin, 24 April 2023,

 


LAMSEL, BONGKARSELATAN.COM -

Arus Balik Lebaran Idul Fitri 1444 Hijriah tahun 2023 , penumpang di PT. ASDP Indonesia Ferry (Persero) cabang Bakauheni, Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel) mulai mengalami lonjakan penumpang di Dermaga eksekutif, bahkan sempat terjadi antrean panjang kendaraan roda empat, pada Senin sore (24/4/2023).


Corporate Secretary PT. ASDP Indonesia Ferry (Persero) Shelvy Arifin menjelaskan untuk antisipasi kemacetan, ada beberapa hal yang diterapkan, di antaranya delayed system dan penyekatan serta pengaturan jam keberangkatan.


"Kalau untuk tiket, kita akan melihat kondisi dinamika di lapangan seperti di arus mudik ada beberapa kebijakan," jelas Shelvy Arifin.

Terkait antrean penumpang yang sampe tiga jam mengantre di Dermaga eksekutif, Corporate Secretary PT. ASDP Indonesia Ferry (Persero) memaparkan, salah satu kendalanya adalah penumpang yang masuk ke pelabuhan tanpa memperhatikan jam keberangkatannya.


"Sebenarnya yang harus diperhatikan juga adalah jamnya dia beli tiketnya jam berapa, karena kadang-kadang dia mungkin beli tiketnya terlalu jauh daripada jam masuknya, jadi memang ada kalau misalnya teman-teman perhatikan dari jam tiket itu waktu tiket yang dibeli adalah waktu masuk Pelabuhan, jadi misalnya teman-teman beli tiket jam 5 maka akan sudah bisa masuk 2 jam sebelumnya apabila memang datangnya terlalu pagi, maka waktunya agak lama," papar Shelvy Arifin kepada awak media saat konferensi pers.

Lanjutnya, "kemudian juga ada waktu tunggu dimana antriannya pada panjang, namanya mudik memang pasti ada antrean, kapal juga ada perlu waktu untuk sandar untuk alur gerak, memang waktu termasuk salah satu waktu tunggu untuk mobil bisa masuk ke atas kapal," imbuh Corporate Secretary PT. ASDP Indonesia Ferry (Persero).


"Untuk ketersedian tiket tergantung pada kapal-kapal yang dioperasikan oleh BPTD pada saat puncak BPTD akan mengoperasikan kapal-kapal kapasitas besar, maka gelombang tiketnyapun akan bertambah, mungkin juga nanti antrean akan menjadi lebih panjang." Pungkas Corporate Secretary PT. ASDP Indonesia Ferry (Persero) Shelvy Arifin.


Dalam pantauan, meski sempat terjadi antrean panjang kendaraan roda empat di Pelabuhan Dermaga Eksekutif, namun pihak ASDP bersama Kepolian Resort (Polres) Lamsel beserta stakeholder lainnya dengan sigap uraikan kendaraan untuk melancarkan pengguna jasa penyeberangan Bakauheni.

(Red)

TerPopuler