Kadis PMD Lampung Selatan Tinjau Pembangunan Objek Wisata Way Kerinjing Legend Emas Setajau

Jumat, 28 April 2023

Kadis PMD Lampung Selatan Tinjau Pembangunan Objek Wisata Way Kerinjing Legend Emas Setajau

Jumat, 28 April 2023,

 




LAMSEL, BONGKARSELATAN.COM -
Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel) memang banyak memiliki wisata buatan, baik yang berkonsep alam maupun dengan konsep view kekinian yang menyajikan suasana yang instagramable.


Pemandian bertema alam sebelumnya sudah dapat kita temukan di Kabupaten Lampung Selatan, khususnya di Kecamatan Penengahan yang sudah memiliki beberapa sajian diantaranya Pemandian Way Tebing Ceppa (WTC) yang terletak di Desa Taman Baru.


Nah baru-baru ini Lampung Selatan kembali menghadirkan tempat pemandian bertemakan alam yang lokasinya berada di Desa Banjarmasin yaitu Wisata Way Penaga.

Tak hanya itu, Desa Banjarmasin juga beberapa Bulan terakhir ini sedang menggarap pembangunan objek Wisata Way Kerinjing.


Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas (Kadis) Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Lampung Selatan (Lamsel), Erdiyansyah, SH, MM seusai kunjungannya di pembangunan objek Wisat Way Kerinjing.


Dalam kunjungan tersebut juga turut hadir Camat Penengahan Jaelani didampingi Sekretaris Kecamatan (Sekcam) Penengahan Hermawan, Kepala Desa Banjarmasin Umar Dani, Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Irwansyah, Sekretaris Desa (Sekdes) Banjarmasin Khozali, Kepala Urusan (Kaur) Pemerintahan Zaini H.Jamal, serta aparatur Desa lainnya.

Kadis PMD Erdiyansyah, SH, MM menjelaskan bahwa objek Wisata Way Kerinjing tersebut yang anggarannya dari Dana Desa (DD) tahun 2022-2023.


"Hari ini kunjungan ke Pembangunan objek wisata Way Kerinjing, Desa Banjarmasin, Kecamatan Penengahan yang didanai DD 2022- 2023," jelasnya pada Kamis (27/4/2023).


Objek wisata yang lagi tahap pembangunan tersebut merupakan tempat pemandian yang bersumber dari mata air aliran sungai di bawah kaki Gunung Rajabasa.


Way Kerinjing juga memiliki sejarah tersendiri, bahkan daya tarik tempat tersebut disebutkan menurut legenda setempat, ada Emas Setajau (Segentong) zaman perjuangan pengislaman di tanah Jawa yang dilakukan oleh pendekar-pendekar tanah Lampung dari 40 kebuwayan.

Setelah para pendekar berhasil melakukan misinya mendapat dari Raja Banten hadiah Emas Setajau, yang menurut hikayat, emas itu di tanam di sekitar Way Kerinjing, bahkan konon Way Kerinjing juga berkhasiat untuk membuat wajah lebih cerah dan awet muda, ibarat skin care pada masa era ini.


Tempat wisata pemandian Way Kerinjing, nantinya akan menyajikan beberapa daya tarik tersendiri bagi pengujungnya, seperti pemandangan disekitar pemandian yang indah sampai tersedianya beberapa fasilitas penunjang lainnya.


Aliran mata air yang kemudian dibendung menjadi kolam pemandian alami, letaknya juga tidak jauh dari Jalan Lama Raden Intan II Kecamatan Penengahan, dan berada di tengah area kebun warga, akses menuju ke tempat wisata relatif baik yang sudah bisa dilalui oleh kendaraan sepeda motor.
(Red)

TerPopuler