Usai Mengklarifikasi Kepada Kabid Paud, Halimah Beberkan Fakta Menarik Dana (BOP) Paud Mawar

Jumat, 25 Maret 2022

Usai Mengklarifikasi Kepada Kabid Paud, Halimah Beberkan Fakta Menarik Dana (BOP) Paud Mawar

Jumat, 25 Maret 2022,


Tanggamus  Bongkarselatan.Com.-Halimah mengungkapkan fakta menarik terkait pengelolaan PAUD Mawar di Pekon Sukabanjar, Kecamatan Cukuh Balak, usai menghadiri pemanggilan Dinas Pendidikan Tanggamus, Lampung.


Dari Halimah, terungkap bahwa selama ini pihak pengelola PAUD Mawar di Pekon Sukabanjar selalu mendapatkan Bantuan Operasional Penyelenggaraan (BOP) Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). 


Tapi, jelasnya BOP tersebut, tidak pernah direalisasikan oleh pengelola lembaga PAUD itu sendiri. 


Guru PAUD berprestasi itu juga mengungkapkan fakta lainnya dengan menyampaikan bahwa PAUD Mawar di Pekon Sukabanjar bukan dikelola oleh Pekon (desa-ed). 


Tapi uniknya PAUD Mawar tersebut, mendapat bantuan pendanaan dari Pekon, baik untuk keperluan honor guru maupun fasilitas PAUD lainnya.


"Semua kebutuhan PAUD Mawar bersumber dari pekon bukan dari BOP. Itu meliputi fasilitas PAUD maupun insentif guru. Semuanya dibantu dari pekon. Sedangkan dana BOP gak ada yang direalisasikan, "ucap Halimah usai menghadiri pemanggilan Dinas Pendidikan Kabupaten Tanggamus, Jumat (25/3/2022). 


Lebih lanjut dia menyampaikan bahwa untuk jumlah peserta didik di PAUD Mawar hingga sekarang mencapai 30 anak. Sementara tenaga pendidiknya berjumlah 5 orang dan 1 orang pengelola.


"Besaran BOP nya di PAUD itu sampai Rp30 juta, tapi lingkar kecil untuk kepala siswa aja gak ada, itu kan sangat dibutuhkan, BOP gak direalisasikan" jelas Halimah.


Halimah dalam kesempatan itu juga menyampaikan, bahwa pengelola PAUD Mawar Sukabanjar tak memiliki basic HIMPAUDI. 


Pengelola PAUD Mawar tegasnya, diketahui tidak pernah berkecimpung di PAUD, melainkan sebagai tenaga honor di salah satu Sekolah Dasar. 


"Saya harap pengelola PAUD itu orang HIMPAUDI, kalau dia kan bukan orang PAUD karena gak berkecimpung di PAUD, dia kan honor di SD, dia hanya orang yang mencairkan dana BOP saja" paparnya.


Diketahui bahwa Halimah, merupakan salah satu guru PAUD berprestasi yang telah menerima penghargaan dari PWI Lampung dan Bupati Tanggamus Dewi Handajani atas prestasinya. 

Bahwa Dinas Pendidikan Kabupaten Tanggamus sebelumnya telah berjanji akan memanggil pengelola lembaga PAUD Mawar Pekon Sukabanjar Kecamatan Cukuh Balak, Tanggamus.


Sampai sekarang terkait sengkarut di PAUD Mawar, Pekon Sukabanjar, Cukuh Balak, belum ada keterangan yang jelas dari pihak Dinas Pendidikan dan pengelola PAUD Mawar Sukabanjar.

(Anto)

TerPopuler