Bentuk Karakter Pelajar, Babinsa Kodim 0421/LS tanamkan Cinta Tanah Air di SMK N 1 Sragi

Jumat, 12 Januari 2024

Bentuk Karakter Pelajar, Babinsa Kodim 0421/LS tanamkan Cinta Tanah Air di SMK N 1 Sragi

Jumat, 12 Januari 2024,

 


LAMSEL, BONGKARSELATAN.COM -

Pendidikan Menengah Atas merupakan posisi strategis dalam membentuk mental dan perilaku generasi muda bangsa, pada fase usia seperti ini tentunya sangat penting diberikan bekal wawasan yang memadai untuk mewarnai perjalanannya meraih cita-citanya dimasa yang akan datang. Pelda Hartoyo bersama 3 orang Babinsa memberikan materi Wawasan Kebangsaan dan melatih PBB kepada Siswa/Siswi SMK N 1 Sragi, Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel). Jum'at (12/01/2023).


Pemberian materi wawasan kebangsaan dan pelatihan PBB yang diberikan dalam rangka peningkatan kemampuan siswa - siswi serta menanamkan disiplin dan karakter sejak dini sehingga lahir generasi bangsa yang berkualitas dan Cinta Tanah Air. Hal ini untuk melatih kedisiplinan, rasa tanggung jawab, kekompakan kepada siswa/siswi SMK N 1 Sragi.

Pelda Hartoyo menyampaikan, “Kami anggota Koramil 421-08/Pls jajaran Kodim 0421/LS dalam hal ini telah berkoordinasi dengan Kepala Sekolah SMK N 1 Sragi untuk memberikan waktu bagi anggota Koramil untuk memberikan pembekalan wawsan kebangsaan kepada siswa-siswinya, Dengan cara mensosialisasikan ilmu wawasan kebangsaan ini untuk menumbuhkan kecintaan para pelajar kepada tanah air, menumbuhkan kesadaran berbangsa dan bernegara, Pancasila sebagai ideologi bangsa dan kerelaan berkorban bagi negara serta membentuk karakter pelajar yang disiplin, setia, berbakti dan menjunjung tinggi nilai luhur bangsa agar senantiasa tetap menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” tutur Pelda Hartoyo.


“Pelatihan Peraturan Baris Berbaris (PBB) sebagai wujud latihan fisik guna membentuk sikap, kedisplinan, kekompakan, loyalitas dan kepedulian, rasa persatuan dan rasa tanggung jawab sejak dini,” imbuhnya.

“Dengan adanya pelatihan PBB diharapkan para siswa dapat mengerti maksud dan tujuan dari pelatihan PBB tersebut sehingga nantinya mampu menerapkannya di sekolah maupun di lingkungan tempat tinggal masing-masing. Selain itu, memiliki manfaat yang sangat berguna bagi anak-anak sekolah yaitu melatih daya konsentrasi, mendorong belajar tentang solidaritas tim, belajar mendengar dan patuh serta belajar untuk diam dan mengatur emosi.” Jelasnya.


Sementara itu Wakil kepala sekolah bidang kesiswaan SMK N 1 Sragi, Andi mengatakan, "terimakasih kepada Bapak dari Koramil 421-08/Pls yang sudah memberikan materi wawasan kebangsaan dan pelatihan PBB di sekolah kami. Dengan kehadiran Bapak TNI di sini membuat kami lebih dekat, Alhamdulillah Siswa tampak antusias dan semangat mengikuti kegiatan.” Tutupnya.

(Red)

TerPopuler