Kades Banjar Masin Hadiri Acara Syukuran Kesenian Kuda Lumping di Dusun Sededer.

Senin, 20 November 2023

Kades Banjar Masin Hadiri Acara Syukuran Kesenian Kuda Lumping di Dusun Sededer.

Senin, 20 November 2023,


LAMSEL, BONGKARSELATAN.COM - Kepala Desa (Kades) Banjar Masin  Umar Dani, hadiri acara syukuran (selamatan) kesenian Jaranan (kuda lumping) Turonggo Endang Lestari yang baru saja di bentuk oleh salah Satu (kelompok) warganya yang bertempat di kediaman Bapak Tuban, Dusun 04 Sededer, Desa Banjar Masin, Kecamatan Penengahan, Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel) Minggu (19/11/2023) Kemarin.


Kesenian jaranan (kuda lumping) Turonggo Endang Lestari  itu adalah salah satu Kesenian budaya yang memang belum lama di miliki (di dirikan-red) oleh Bapak Tuban warga Dusun 04 sededer Desa Banjarmasin 


Di ketahui Kesenian Jaranan tersebut dipimpin oleh Bapak Tuban, (selaku pawang -red) dan Bapak Andika Gunawan sebagi Ketua di Kesenian Jaranan Turonggo Endang Lestari tersebut. 

Dari pantauan pewarta dilokasi saat pelaksanaan sukuran (selamatan - red) Kesenian Jaranan itu terlihat warga masyarakat baik yang berada di sekitar Dusun Sededer ataupun dari luar terlihat sangat antusias sekali menyaksikan pertunjukan kesenian jaranan Turonggo Endang Lestari yang baru saja diresmikan, karena pertunjukan yang di suguhkan oleh bapak Tuban beserta rombongannya itu sangat memukau.


Kepala Desa Banjar Masin Umar Dani, saat diwawancara oleh pewarta di lokasi mengatakan, dirinya sangat senang dan mengapresiasi, atas Kesenian Jaranan Turonggo Endang Sari  yang dimiliki oleh  salah satu warga Dusun Sededer, Bapak Tuban beserta seluruh rombongannya. 


"Alhamdulillah saya sebagai kepala Desa merasa senang, itu pasti. Karena di Desa kita ini sekarang sudah miliki salah satu Kesenian jaranan (kuda lumping). yang mana itu adalah salah satu warisan dari nenek moyang kita dulu. " Ucap Kades Banjar Masin.

"Semoga dengan adanya Kesenian jaranan Turonggo Endang Lestari yang ada di Dusun Sededer ini kedepannya bisa bermanfaat bagi warga masyarakat sekitar, sehingga bisa membantu untuk meningkatkan pertumbuhan perekonomi warga Sededer khususnya," Paparnya. 


Ia juga berharap kepada seluruh kelompok yang tergabung  di Kesenian jaranan agar bisa bersatu, kompak, untuk mengembangkan dan mempertahan Kesenian Jaranan Turonggo Endang Lestari ini. Karena ini ada salah satu  Kesenian budaya kita Indonesia yang harus terus kita lestarikan. "Tukasnya.


Ditempat yang sama, Andika Gunawan selaku Ketua  Kesenian jaranan Turonggo Endang Lestari mengatakan, " Hari ini kita melaksanakan acara sukuran Kesenian jaranan yang baru kita dirikan, dan sekaligus pertunjukannya. "Paparnya kepada Pewarta saat di wawancarai. 

Andika juga mengucapkan terimakasih kepada Kepala Desa (Kades) Banjar Masin atas Apresiasinya yang  sudah diberikan  di acara sukuran tersebut. 


"Saya selaku ketua dari rombongan Kesenian jaranan Turonggo Endang Sari  mengucapkan terimakasih kepada Pak Kades Umar Dani, Kadus Dusun 04 Sededer, Muksin dan seluruh Aparatur Desa Banjar Masin, serta seluruh warga masyarakat yang telah mengapresiasi juga berpartisipasi dalam acara Sukuran jaranan Turonggo Endang Lestari yang diadakan warga Dusun Sededer, " Pungkasnya.


(Ish)

TerPopuler