Tahun 2024 Dalam Acara Musrenbangdes Blambangan Akan Memprioritaskan TPS

Rabu, 25 Oktober 2023

Tahun 2024 Dalam Acara Musrenbangdes Blambangan Akan Memprioritaskan TPS

Rabu, 25 Oktober 2023,


LAMSEL, BONGKARSELATAN.COM -

Pemerintah Desa (Pemdes) Blambangan, Kecamatan Penengahan, Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel), menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Musrenbangdes) tahun anggaran 2024, yang dihelat di Balai Desa setempat, pada Rabu (25/10/2023).


Musrenbangdes adalah salah satu proses partisipatif dalam penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) yang dilaksanakan oleh Pemdes bersama dengan masyarakat, yang merupakan penjabaran dari Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes) selama 1 (satu) tahun kedepan.


Hadir di acara Musrenbangdes tersebut Sekretaris Camat (Sekcam) Penengahan Hermawan, SH, MM, Kepala Desa Belambangan A. Rahmat, S.IP, Ka. UPT TPH dan BUN, Korwil II Pendidikan, Kasubbag UPT PKB/PU, Kasubbag UPT. Puskesmas RI, Staf Dalduk dan KB, Ka. UPT Pajak/Staff, Kupt Pertanian, Babinsa Sertu Khairul Anwar, Bhabinkamtibmas Brigpol Krisna Sandi, A.Md, Ketua BPD Maidin, Spd, LPM, Pendamping Desa, seluruh Aparatur Desa, juga Kepala Dusun (Kadus) Desa Belambangan, serta seluruh para undangan yang hadir. 

Sementara itu Sekretaris Camat (Sekcam) Penengahan Hermawan, SH, MM, dalam sambutannya memaparkan, " Selain menentukan prioritas yang masuk dalam RKPDes Tahun 2023, Musrenbang Desa juga menyepakati program-program tahun anggaran 2024, yang akan diajukan ke tingkat kabupaten. Program atau usulan yang diajukan ke tingkat kabupaten ini lebih dikenal dengan istilah Daftar Usulan Rencana Kegiatan (DURK). Program yang diusulkan adalah program-program yang tidak dapat didanai oleh APBDes karena bukan menjadi kewenangan desa melainkan kewenangan kabupaten. Selanjutnya terpilih tiga orang untuk mengawal program ini dalam Musrenbang Tingkat Kecamatan dengan harapan program usulan tersebut dapat menjadi prioritas Kabupaten dan dapat direalisasikan," Tuturnya.


Sesuai dengan amanat Pemerintah sambung Sekcam, "bahwa pembangunan yang direncanakan dan dilaksanakan, bukan melulu masalah pembangunan fisik tetapi juga harus meliputi masalah pemberdayaan masyarakat. Dimana sektor ini menjadi sangat krusial untuk diperhatikan dan diprioritaskan agar masyarakat sedikit demi sedikit, setahap demi setahap mampu memberdayakan dirinya sendiri untuk memenuhi kebutuhan primer (dasar) dan kebutuhan sekunder, sehingga diharapkan tingkat kesejahteraan masyarakat akan semakin naik. Semoga dengan dilaksanakannya musrenbang desa ini, pembangunan desa akan semakin terarah serta tepat sasaran demi terwujudnya desa maju," Pungkas Sekcam Hermawan SH, MM. 


Disisi lain, Kades Belambangan A. Rahmat, S.IP mengungkapkan, “untuk rencana pembangunan di tahun 2024, kita akan memprioritaskan Tempat Pembuangan Sampah (TPS) sekaligus Pengelolaannya, dan yang lainnya termasuk ketahanan pangan sesuai dengan arahan dari Pemerintah Pusat.” Ungkapnya kepada Pewarta. 


Lanjut Kades, “ Dan kemungkinan untuk BLT-DD kemiskinan ekstrim masih dianggarkan di tahun 2024. Harapan kita semua bisa terlaksana dan terealisasi dengan baik.” Tukasnya dengan singkat. 

(Ish/Red)

TerPopuler