Jalin Silaturahmi Bersama di Desa, Babinsa Kodim 0421/Ls Bantu Petani

Sabtu, 26 Agustus 2023

Jalin Silaturahmi Bersama di Desa, Babinsa Kodim 0421/Ls Bantu Petani

Sabtu, 26 Agustus 2023,


LAMSEL, BONGKARSELATAN.COM -

Babinsa Koramil 421-06/Natar, Kodim 0421/Lamsel, Sertu Heri Indarto melaksanakan kegiatan membantu warga Desa binaan memupuk jagung milik Ibu Jumiatun di Dusun Banjarsari II Desa Kalisari Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan, Sabtu (26/8/2023).


Sertu Heri Indarto menyampaikan,” upaya yang kami lakukan bersama petani jagung, guna peningkatan hasil swasembada pangan yang sesuai dengan harapan para petani dan peningkatan Upsus swasembada pangan di wilayah Koramil 421-06/Natar serta Kabupaten Lampung Selatan pada umumnya," jelasnya.


"Proses pemupukan tanaman jagung menggunakan pupuk NPK untuk mengoptimalkan pertumbuhan jagung serta kwalitas buah jagung yang maksimal, kegiatan ini, bertujuan untuk mengoptimalkan lahan untuk program swasembada pangan dalam mendukung peningkatan ekonomi bagi warga binaannya, Hal ini dilaksanakan bertujuan untuk memberikan motivasi agar lebih sukses serta menjalin erat silaturahmi dengan petani binaan," pungkasnya.

Jagung merupakan salah satu jenis tanaman pangan yang bisa dijadikan bahan makanan pokok pengganti nasi dan berbagai macam makanan olahan. Selain itu bagian dari tanaman jagung juga dapat dimanfaatkan sebagai pakan ternak seperti daun, batang, klobot dan janggelnya, Dalam budidaya tanaman jagung pemupukan menjadi salah satu faktor yang sangat menentukan akan berhasil tidaknya tanaman tersebut, Pada tanaman jagung pemberian pupuk bisa diberikan sebanyak 3 waktu/(3 kali). Di awali dengan pupuk dasar yaitu pada saat tanaman berumur, pupuk susulan pertama (I) pada saat tanaman berumur 28- 30 hari setelah tanam, dan pupuk susulan kedua (II) pada saat tanaman berumur 45-50 hari atau saat tanaman menjelang berbunga," ucapnya.


Lanjut Sertu Heri Indarto mengatakan bahwa keberhasilan budidaya jagung juga ditentukan oleh teknis, budidaya, hingga proses panen, Seperti pemilihan benih jagung juga perlu diperhatikan, Benih yang bagus tanaman akan tumbuh dengan baik dan juga tahan dari berbagai serangan penyakit sehingga dapat menghasilkan produksi jagung yang tinggi,” kata Sertu Heri Indarto sembari menyebar pupuk.


Disela-sela pemberian pupuk pada tanaman, Ibu Jumiatun mengungkapkan bahwa sangat senang adanya Babinsa yang mau turun membantu para petani, Saya mengucapkan rasa terimakasih serta bangga dan senang dengan keberadaan Babinsa yang setia mendampingi dan membantu kami para petani, semoga Babinsa selalu sukses dan mampu menjalankan tugas serta tanggung jawabnya setiap hari,” ungkapnya.

(Red)

TerPopuler