Realisasi Program P3-TGAI, Petani Kuripan Beri Apresiasi

Selasa, 04 Juli 2023

Realisasi Program P3-TGAI, Petani Kuripan Beri Apresiasi

Selasa, 04 Juli 2023,

 

LAMSEL, BONGKARSELATAN.COM- 

Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3-TGAI) merupakan salah satu upaya dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-PR) dalam hal untuk mensejahterakan masyarakat, khususnya para petani yang ada di pedesaan, terutama yang bergerak di bidang Pertanian produksi padi sawah.


Seperti hal Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A) Dusun 02 Banyurip Desa Kuripan Kecamatan Penengahan Kabupaten Lampung Selatan (lamsel), yang tergabung di kelompok Tani Sri Maju Lima,   mendapatkan bantuan Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi ( P3-TGAI), sepanjang 830 meter dengan Anggaran sebesar 195 juta. 

Di ketahui Program tersebut merupakan salah satu Aspirasi dari  Anggota DPRD Provinsi Lampung, Wahrul Fauzi Silalahi SH, daerah pemilihan II kabupaten lampung selatan, yang berupaya untuk memajukan Provinsi Lampung khususnya Kabupaten Lampung Selatan lewat Aspirasinya. 


Ketua Kelompok P3A Sri Maju Lima, Desa Kuripan Budiman saat ditemui media Bongkarselatan.com dikediamannya, menjelaskan Pembangunan P3-TGAI tersebut  sepanjang  830 meter, dengan anggaran Rp.195 juta, yang ditempatkan di irigasi Way Asahan, dan dikerjakan dengan metode Swakelola, sesuai prosedur dan rab yang ada, terangnya pada Selasa (4/7/2023).

 

Masih kata Budiman, untuk mendapatkan hasil yang baik, dirinya bersama tim dan warga sekitar sebagai pekerja selalu mengutamakan kualitas dalam pelaksanaan pembangunan. dan pekerjaannya pun dilakukan secara swakelola dengan warga dan petani di wilayah tersebut. 


“Alhamdulillah tahun ini kami mendapatkan bantuan dari pemerintah berupa pembangunan Irigasi P3-TGAI tentu sangat bermanfaat bagi kami selaku petani, dengan adanya bantuan ini masyarakat sekitar bisa ikut bekerja,” tukas Budiman kepada media. 


Terpisah, Nasir sebagai Bendahara P3A Sri Maju Lima, saat di temui dilokasi pembangunan melalui media Bongkarselatan.com, dirinya mengatakan, rasa syukur dan terimakasih kepada semua pihak baik dari Pemerintah Pusat, provinsi, kabupaten/kota, sudah memberikan program P3-TGAI, dan juga kepada Anggota DPRD Provinsi Lampung Wahrul Fauzi Silalahi SH, yang telah memperjuangkan Program P3 -TGAI ini sehingga bisa terlaksana didesa kuripan, sehingga masyarakat yang ada di Dusun 02 Banyurip khususnya para petani dapat merasakan manfaat dari dibangunnya irigasi tersebut. 

"Saya mewakili masyarakat yang tergabung di kelompok P3A Desa Kuripan mengucapkan terimakasih kepada semua pihak dari Pemerintah Baik dari Pemerintah Pusat, provinsi, kabupaten/kota yang sudah memberikan bantuan P3-TGAI, dan juga kepada bapak DPRD provinsi lampung, Wahrul Fauzi Silalahi yang telah memperjuangkan program P3-TGAI ini, sehingga bisa terlaksana di desa kami, Desa Kuripan," ungkapnya. 


Lebih lanjut Nasir mengatakan, "masyarakat diharapkan juga dapat menjaga dan memelihara serta merawat irigasi itu dengan baik guna kepentingan bersama, Karena dengan adanya irigasi ini tentunya dapat menunjang peningkatan hasil panen padi kedepannya, yang nantinya dapat membantu kesejahteraan bagi para petani padi yang ada di dusun 02 Desa Kuripan," harapnya.


Hal senada disampaikan oleh masyarakat, Petani setempat Sukiman mengucapkan, "terimakasih kepada Pemerintah dan Dinas terkait atas Pembangunan P3-TGAI yang sudah direalisasikan di Dusun 02 Desa Kuripan, karena hasil dari program tersebut akan  sangat dirasakan manfaatnya untuk masyakarat sekitar khususnya para  petani padi sawah." Tukasnya.

(Ish/Red)

TerPopuler