Setdakab Helat Penyuluhan Hukum Terpadu, Andi Saputra; Jauhi Narkoba Biar Sehat

Rabu, 24 Mei 2023

Setdakab Helat Penyuluhan Hukum Terpadu, Andi Saputra; Jauhi Narkoba Biar Sehat

Rabu, 24 Mei 2023,


LAMSEL, BONGKARSELATAN.COM -

Setdakab laksakan penyuluhan hukum terpadu hari kedua di Desa Kekiling, Kecamatan Penegahan, Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel), yang bertempat di Aula setempat, pada Rabu (24/5/2023).


Acara tersebut di hadiri Kepala Desa Kekiling Andi Saputra, Kasat Pol PP yang di wakili seketaris Erdanda, Sumarman SE.MM selaku narasumber dan pemberi materi, vedry Agung Satriya analis hukum ahli muda, aparatur Desa, serta masyarakat setempat.  


Dalam sambutannya Erdanda menjelaskan, "kalau Satpol PP adalah lembaga yang di perintahkan oleh Pemerintah untuk membantu menertibkan rasa aman dan nyaman untuk masyarakat," jelasnya.

Dirinya juga menjelaskan, "terkait Peraturan Daerah (Perda) No 3 tentang penertiban, tertib jalan,setiap pejalan kaki wajib jalan di tempat yang sudah di tentukan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan, setiap pengemudi kendaraan umum wajib menunggu menaikan atau menurun kan orang atau barang pada tempat pemberhentian yang sudah di tentukan, tertib berjualan, tertib pembangunan, tertib perparkiran, tertib bangunan, tertib sosial, tertib usaha dan kesehatan dan masih banyak ketertiban yang harus kita patuhi," ungkapnya.


Ditempat yang sama, Pemberi materi Sumarman menerangkan, "Alhamdulilah kita masih di berikan kesehatan dan terimakasih kepada pak Kades karena telah diberikan tempat kepada kami," terangnya.


"Narkoba bisa merusak syaraf di otak dan bisa membunuh serta bisa berurusan dengan penegak hukum dan narkoba ada beberapa jenis seperti sabu, extasi, ganja, heroin kokain, tembakau Gorilla bahkan ada Narkotika jenis baru NPS, yang sedang beredar di Indonesia, jika kita sudah kecanduan dan terkena narkotika efek kita bisa berhalusinasi bahkan bisa melakukan kriminal," jelasnya lagi.

Masih di tempat yang sama, Vedry mengucapkan, "Alhamdulilah acara kita pagi hari ini lancar dan sukses hari ini kita ada agenda di dua Desa yaitu Desa  Kekiling dan Desa Pasuruan Kecamatan Penegahan.  Pagi ini kita di Desa Kekiling dan setelah selesai disini Kita langsung ke Desa Pasuruan," ucapnya.


"Harapan dan pesan kami selaku penyelenggara Setdakab hukum Kabupaten, semoga masyarakat di Desa Kekiling setelah mendapatkan edukasi hukum yang disampaikan pemateri menjadi masyarakat yang sadar dan taat hukum serta memahami segala bentuk peraturan perundang undangan yang berlaku di masyarakat khususnya terkait tentang peraturan mengenai ketentraman dan ketertiban umum serta peraturan mengenai penyalahgunaan narkotika," harap Vedry.


Setali tiga uang, Kepala Desa Kekiling Andi Saputra menegaskan, "Saya siap bila masyarakatnya untuk di tes urine jika terbukti masyarakat saya memakai Narkotika saya tidak segan-segan untuk melaporkan kepada Kepolisian atau Penegak Hukum, dan kepada masyarakat kekiling agar jauh dari urusan hukum terutama Narkoba agar kita bisa menjadi masyarakat sehat," tegas Kades Kekiling.

(Kho/Red)

TerPopuler