INI IPPAT Lampung Selatan Bakti Sosial di Hara Banjar Manis, Tepat Usia Kades ke- 50

Jumat, 07 April 2023

INI IPPAT Lampung Selatan Bakti Sosial di Hara Banjar Manis, Tepat Usia Kades ke- 50

Jumat, 07 April 2023,

 


LAMSEL, BONGKARSELATAN.COM -
Pengurus Daerah Ikatan Notaris Indonesia (Pengda INI) dan Ikatan Pejabat Pembuat Akte Tanah (IPPAT) Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel) helat Bakti Sosial Peduli Ramadhan 1444H tahun 2023, yang berlangsung di halaman kantor Desa Hara Banjar Manis, pada Jum'at (7/4/2023).


Kegiatan tersebut dihadiri oleh ketua IPPAT Provinsi Lampung Ayi Ruhiyat, SH, ketua IPPAT Kabupaten Lamsel Rudi Hartono SH.,M.Kn, ketua INI Lamsel Didi Maryono S.H, MH.,M.kn, Kepala Desa Hara Banjar Masin Syahruddin, Bhabinkamtibmas Ulya, anggota IPPAT dan INI, serta warga penerima bantuan sembako masyarakat setempat.

Ketua Pengwil IPPAT Provinsi Lampung Ayi Ruhyat, SH mengungkapkan bahwa peran Kepala Desa sangat besar untuk pembuatan sertifikat tanah kepada masyarakat khususnya di Lampung.


Seusai acara, ketua IPPAT Kabupaten Lamsel Rudi Hartono SH.,M.Kn menerangkan, "IPPAT dan Ikatan Notaris Indonesia berbagi, yang khusus untuk Desa Hara Banjar Manis yang setiap tahun di bulan puasa kita berbagi dan untuk tahun ini memang saya berkonsep ada ilmu yang bisa di kami berikan, jadi hanya tidak hanya berbagi saja tapi ada semacam penjualan hukum yang bisa kami berikan, mudah-mudahan selain mereka dapat ilmu juga, ya mereka juga dapat bagian dari kami, mudah-mudahan bisa bermanfaat dan menjadi amal kebaikan kita bersama," terang Rudi Hartono SH.,M.Kn.


Dirinya mengimbuhkan, "harapan kami dengan kegiatan ini, sosialisasi ini semakin masyarakat mengetahui keberadaan kami, karena selama ini Notaris dan PPAT seperti kelas atas saja yang tahu sedangkan masyarakat kelas bawah, mohon maaf bukan kita menggolongkan masyarakat, karena tidak mengetahui apa itu notaris apa itu PPAT, diharapkan tujuan kami target kami sehingga masyarakat kedepan berkaitan dengan legalitas, seperti tanah ataupun mereka akan menjadikan badan-badan usaha, mereka sudah tidak asing lagi dengan apa itu Notaria dan PPAT," imbuh ketua IPPAT Kabupaten Lamsel.

"Kalau untuk pendaftaran sekarang kan pemerintah sudah menggalakkan program sertifikat PTSL Itu, otomatis mengikuti dari program dari pemerintah semakin sertifikat tanah itu semakin terdaftar maka kegiatan ini akan semakin banyak," paparnya kepada Jurnalis.


"Kalau selama ini kan cuma hanya 20 persen, sekarang dengan adanya PTSL ini maaka kegiatan Pertanahan ini semakin naik termasuk juga jumlah PPATnya semakin bertambah," harapnya.


Ditempat yang sama, Kepala Desa Hara Banjar Manis Syahruddin sangat mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh INI dan IPPAT Kabupaten Lampung Selatan.

"Untuk kegiatan Sosialisasi ini, kami sebagai Kepala Desa sangat bersyukurlah, manfaatnya luar biasa, karena masyarakat yang tadinya dari tidak tahu menjadi tahu tentang aturan-aturan yang ada di Pertanahan," jelas Kades Hara Banjar Manis.


Syahruddin yang pas di Hari Lahirnya, di usia ke-50 juga berharap INI dan PPAT kedepannya bisa terus bekerjasama dengan solid.


"Harapan saya semoga kawan-kawan dari INI dan PPAT Lampung Selatan dengan Desa Hara Banjar Manis bisa bekerjasama dengan baik." Pungkas Kades Hara Banjar Manis.
(Red)

TerPopuler