Panwaslucam Ketapang Lantik 17 PDK untuk Sukseskan Pemilu 2024

Senin, 06 Februari 2023

Panwaslucam Ketapang Lantik 17 PDK untuk Sukseskan Pemilu 2024

Senin, 06 Februari 2023,


LAMSEL, BONGKARSELATAN.COM -

Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwaslucam) Ketapang helat pelantikan Pengawas Desa/Kelurahan (PDK) se-Kecamatan Ketapang yang digelar di Balai Nelayan Desa Ketapang, Kecamatan Ketapang Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel) pada Senin (6/2/2023).


Pelantikan dan pengukuhan PDK tersebut dihadiri langsung oleh Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Lamsel Hendra Fauzi, Camat Ketapang Rendy Eko Supriyanto, S.STP, Bhabinkamtibmas Aipda Andi Wijaya, Bripka Dirga, Babinsa Serma Nahrowi, Ketua Panwaslucam Ketapang Sehroli, Misbak, Dina, Ketua Panitia Pemilihan Kecamatan Ketapang Samsunar, Rohaniawan Ketapang, serta seluruh peserta 17 PDK se-Kecamatan Ketapang.

Dalam sambutannya, Ketua Bawaslu Kabupaten Lampung Selatan, Hendra Fauzi mengucapkan selamat bergabung dan bertugas kepada 17 PKD terpilih dan yang sudah dilantik.


"Menjadi pengawas pemilu lebih banyak tantangan, banyak musuh kita, tapi kalo sesuai dengan aturan akan tenang, jadi saya berharap nanti PDK akan bekerja dengan profesional, berintegritas, sesuai dengan peraturan perundangan-undangan," ungkap Ketua Bawaslu Kabupaten Lamsel.


Dirinya juga menegaskan," sesuai dengan Undang-Undang no 7 tahun 2017, tugas wewenang dan kewajiban, dimulai dengan Mencegah, Mengawasi, dan Menindak, pastikan semua warga terdaftar dalam DPT, dan jangan ada hantu-hantu politik. Jangan sampai terjadinya money politik di masyarakat Kecamatan Ketapang," tegas Hendra Fauzi.

Ia mengimbuhkan, "selain itu, yang paling penting adalah netralitas, menjadi hal yang berbahaya bagi penyelengga Pemilu terutama kepada PNS, pastikan PNS di Desa bisa netral," imbuhnya.


Hendra Fauzi berharap seluruh PDK dapat melaksanakan Pengawasan, Pencegahan, serta Penindakan sesuatu dengan peraturan perundang-undangan.


"Mencegah hal-hal yang tidak sesuai dengan aturan, dan juga Menindak, baik menindak secara langsung atau menindaklanjuti, apabila ada temuan segera laporkan ke Panwaslu Kecamatan," tambahnya.

Ketua Bawaslukab Lamsel berpesan, "jangan sampai masyarakat tidak tahu atau tidak kenal dengan Pengawas Pemilu tingkat Desanya, kenalkan diri kita kepada masyarakat bisa melalui media sosial. PDK juga harus tahu dimana titik-titik kerawanan kecurangan, mana yang aman dalam Pemilu," imbuhnya lagi.


"Mudah-mudahan Panwaslu Kecamatan Ketapang dalam berjalan dengan baik, jaga nama baik, jaga kepercayaan, mudah-mudahan bisa bekerja dengan profesional dan dengan baik," tukas Ketua Bawaslukab Lamsel.


Ditempat yang sama, Camat Ketapang Rendy Eko Supriyanto, S.STP mengucapkan selamat atas dilantik dan dikukuhkannya PDK se-Kecamatan Ketapang, karena Pemilu adalah pesta Demokrasi dapat berjalan dengan sukses.

"Kami mengharapkan sinergitas, baik dari Bawaslu, PPK, rekan-rekan PDK juga, kita selaku aparatur dalam pengawasan Pemilu," jelas Camat Ketapang.


Camat Ketapang mengimbuhkan, "ada sifatnya kebijakan yang pake aturan, tapi ada sifatnya kebijaksanaan, karena masyarakat kita majemuk, jangan sampai terjadi chaos," imbuh Rendy Eko Supriyanto, S.STP.


Rendy Eko Supriyanto, S.STP, berpesan kepada, "rekan-rekan PDK, kurang lebih dalam jangka satu tahun bekerja, jangan sampai pekerjaan pokok ditinggalkan dan terbengkalai." Pungkas Camat Ketapang.

(Red)



TerPopuler