Antusias Ribuan Pelamar PPS..!! Ikuti Tes Tertulis KPU Lamsel di GOR Way Handak

Senin, 09 Januari 2023

Antusias Ribuan Pelamar PPS..!! Ikuti Tes Tertulis KPU Lamsel di GOR Way Handak

Senin, 09 Januari 2023,


LAMSEL, BONGKARSELATAN.COM -

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel) menggelar Tes Tertulis kepada Calon Anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) Pemilihan Umum (Pemilu) serentak yang bakal digelar pada 2024 mendatang.


Ketua Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih Partisipasi Masyarakat dan Sumber Daya Manusia Kabupaten Lampung Selatan Irsan Didi, wakili Ketua KPU Kabupaten Lampung Selatan Ansurasta Razak menerangkan, bahwa sebanyak 2.497 Pendaftar Administrasi mengikuti tes tertulis hari ini yang di gelar di GOR Way Handak (GWH) pada Senin (9/1/2023).


Tes tertulis tersebut di bagi menjadi Dua sesi. Sesi pertama di ikuti 1.226 peserta. Sesi kedua di ikuti 1.271, dengan total keseluruhan menjadi 2.497 Peserta. Kegiatan tes tertulis tersebut berlangsung dari tanggal 9 sampai 14 Januari 2023.


"Untuk Update belum bisa di lihat berapa yang tidak hadir masih harus di rekap dulu. Peserta yang lolos akan diambil sesuai juknis 534, sedangkan untuk perengkingan di Desa kita butuh paling banyak tiga kali kebutuhan. Dari PPS Desa itu 3, berarti  9 yang akan lulus tes tertulis sesuai Juknis (Petunjuk Teknis). Setelah lulus tes tertulis meningkat tes Wawan cara," terangnya.


Ia melanjutkan bahwa yang mengecek soal peserta tes tertulis tersebut adalah dari pihak Universitas Lampung (Unila).


"Dari tes tertulis yang mengecek soalnya adalah dari pihak Unila, sedangkan untuk tes Wawancara akan kita delegasikan ke masing masing PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan) itu kalau tidak ada perubahan pada juknis tersebut," tambahnya.


"Harapan kami calon-calon anggota PPS ini bisa menguasai tentang kepemiluan. Jadi kompetensi nya akan di pertanyakan disesi wawancara, nanti masalah wawasan calon PPS tentang pengetahuan Kepemiluan dan pengalaman Dia menjadi penyelenggara juga jadi suatu pertimbangan. Harapan kami selaku penyelenggara, Pemilu 2024  berjalan sukses dan lancar dengan partisipatif masyarakat dan rekan rekan media," harap Irsan Didi.


Sementara, ditempat berbeda, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Lampung Selatan sebagai Lembaga Pengawas Pemilu menyampaikan juga terkait Pelaksanaan Tes Tertulis yang di gelar KPU Kabupaten Lampung Selatan.


Fakhrur Rozi selaku Ketua Kordiv SDMO wakili Ketua Bawaslu Kabupaten Lampung Selatan Hendra Fauzi, di Kantor Bawaslu Kabupaten Lampung Selatan Kalianda mengatakan, " Pada prinsipnya kan sudah sesuai pada Time Line yang ada. Artinya, harapan kita dengan apa yang di lakukan KPU ini di sesuaikan dengan peraturan perundang undangan terhadap apapun itu dalam hal persyaratan seperti pemberkasan, seleksi tertulis di sesuaikan dengan peraturan perundang undangan yang ada," ujarnya.


Dirinya melanjutkan, "Dan berharap dengan kawan kawan yang Ikuti tes tertulis dengan KPU selaku Penyelenggara panitia yang ada, itu disarankan untuk membuat pola dalam hal kehadiran peserta, keadaan peserta di dalam dan lain sebagainya. Sehingga ini tidak menjadi suatu potensi kerusuhan (kegaduhan) yang terjadi. Karna Mengingat lokasi yang lumayan dengan suhu yang tinggi. Hingga terlihat membuat peserta kurang nyaman dalam mengerjakan soal. Itu yang perlu di perhatikan oleh kawan kawan KPU selaku Penyelenggara," paparnya.


"Selebihnya, kita melihat sesuai timeline, seperti pendaftaran kemarin via online tentu sudah memenuhi kriteria verifikasi dari kawan kawan KPU. Selanjutnya kita berharap dalam hal pencegahan kita, semua disesuaikan dengan peraturan perundang-undangan," pungkas Fakhrur Rozi.


Kegiatan yang di gelar oleh KPU Kabupaten Lampung Selatan tersebut juga disorot oleh Jurnalis yang tergabung dalam Lembaga Organisasi Masyarakat POSPERA Kabupaten Lampung Selatan, yang turut memantau hingga sesuai dengan aturan pemilu, baik Perkpu dan Perbawaslu yang berlaku. 

(Red)

TerPopuler