Pembangunan Fisik serta Bidang Kesehatan dan Pendidikan jadi Prioritas di RKPDes Tajimalela T.A 2023

Rabu, 30 November 2022

Pembangunan Fisik serta Bidang Kesehatan dan Pendidikan jadi Prioritas di RKPDes Tajimalela T.A 2023

Rabu, 30 November 2022,


LAMSEL, BONGKARSELATAN.COM -

Pemerintahan Desa (Pemdes) Desa Tajimalela  Kecamatan Kalianda Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel), gelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Musrenbangdes) dalam menyusun dan penetapan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) Tahun Anggaran (T.A) 2023 yang dilaksanakan di Balai Desa Setempat, Rabu (30/11/2022).


Acara Musrenbangdes tersebut dihadiri Sekretaris Camat Muhammad Nur mewakili Camat Kalianda Kalianda Zaidan S,E, Kepala Desa Tajimalela Qomaruddin Akbar, Pendamping Desa Ridwan Kusuma, Kupt Peternakan, Kupt Puskesmas Rawat Inap Kalianda, Kupt Pupr, Babinsa Serma Fakhruddin, Babinkamtibmas Aipda Yanto, ketua BPD, LPM, Tokoh Pemuda, tokoh Masyarakat, tokoh Agama, serta seuruh Aparatur Desa Tajimalela Kecamatan Kalianda.


Wakil Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD), Ridwan Daud mengapresiasi kinerja Kepala Desa Qomaruddin Akbar serta aparatur Desa Tajimalela karena belum genap satu tahun menjabat bahkan di landa bencana Covid 19, pembangunan terus dapat dilaksanakan dengan maksimal.


Hal senada juga dikatakan Kupt Pu Kalianda, Munadi mengutarakan bahwa kepala Desa Tajimalela bisa menjadi contoh Kepala Desa yang lain, karena kinerja dan saling berkoordinasi dengan pihak lain sehingga kinerja Kades dapat maksimal dan berdampak positif kepada masyarakat dan warganya.


Kepala Desa Tajimalela Qomaruddin Akbar mengungkapkan bahwa skala prioritas adalah pembangunan fisik serta beasiswa pendidikan.


"Skala prioritas pembangunan lapangan olahraga Dusun I, gorong-gorong, Rabat beton Dusun VII, Beasiswa untuk mahasiswa tidak mampu serta guru Paud Andan Jejama Desa Tajimalela," ungkapnya.


Kades juga memaparkan terkait pembangunan infrastruktur ketahanan pangan untuk menunjang pertumbuhan ekonomi masyarakat Tajimalela.


"Di bidang Kesehatan terkait pencegahan dan penanganan stunting, ketahanan pangan terkait infrastruktur untuk menunjang ekonomi masyarakat," papar Qomaruddin Akbar.


Kemudian, Pemdes Tajimalela juga mengajukan usulan kepada Pemerintah Daerah, Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) T.A 2023.


"Diantaranya pengajuan irigasi di Dusun I, ruas Sumur-Lahu lanjutan Dusun III, pamsimas Dusun VI Batu Petapaan, Exit tol lanjutan Dusun VII Kubu Panglima, sarana prasarana pendukung jalan Dusun VII yang terletak didepan Ponpes Gontor 9," papar Kades Tajimalela.


Serta dibidang Kesehatan juga mengajukan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. 


"Usulan di Bidang Kesehatan kita juga mengajukan Bantuan BPJS Kesehatan untuk masyarakat Tajimalela," imbuh Kades yang energik.


Kades Tajimalela berharap usulan-usulan pembangunan yang sudah diajukan kepada Pemkab Lamsel, akan terealisasi pada tahun anggaran 2023.


"Harapan dengan adanya Musrenbangdes tahun anggaran 2023, Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan dapat menyentuh kembali pembangunan yang ada di Desa Tajimalela." Pungkas Qomaruddin Akbar Kades Tajimalela Kecamatan Kalianda.

(Bst)


TerPopuler