Musrenbangdes Taman Sari T.A 2023; Pembangunan Infrastruktur dan Ketahanan Pangan

Rabu, 02 November 2022

Musrenbangdes Taman Sari T.A 2023; Pembangunan Infrastruktur dan Ketahanan Pangan

Rabu, 02 November 2022,


LAMSEL, BONGKARSELATAN.COM -

Pemerintahan Desa (Pemdes) Taman Sari, gelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Musrenbangdes) dalam menyusun dan penetapan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) tahun anggaran 2023 yang dilaksanakan di Aula Taman Sari, Kecamatan Ketapang, Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel), Rabu (2/11/2022).


Acara tersebut dihadiri oleh Sekretaris Kecamatan (Sekcam) Elhayati, SE, Kasi Trantib Ida Surya Aini, SE, Kepala Uptd Pelayanan Pajak Ketapang, Kepala Desa Taman Sari Sutarjo, Babinsa R Dian K, Pendamping Desa Kecamatan Ketapang Ahmad Efendi dan Purwanto, BPD, LPM, Tim Penggerak PKK, Aparatur Desa, serta tokoh masyarakat setempat.


Kepala Desa Taman Sari, Sutarjo menjelaskan skala prioritas dalam RKPDes tahun anggaran 2023 adalah pembangunan jalan ketahanan pangan untuk menunjang perekonomian masyarakat.


"Beberapa tahun yang lalu kita prioritaskan untuk BLT DD covid sebesar empat puluh persen, dan tahun depan maksimal dua puluh lima persen, kita arahkan untuk infrastruktur, InsyaAllah bisa dibagilah anggarannya," jelas Kades.


Sutarjo mengimbuhkan untuk ketahanan pangan akan di prioritaskan untuk bantuan peternakan kepada masyarakat.


"Untuk ketahanan pangan, sementara ini kami arahkan untuk peternakan, kambing, mungkin kalau anggarannnya masih mampu bisa beli sapi, walaupun sementara Bumdes sudah berjalan, tapi masyarakat sangat berharap," imbuh Sutarjo.


Dan dirinya berharap, masyarakat bisa memahami bahwa anggaran tahun 2023, dasarnya adalah Musrenbangdes tahun 2022.


"Berharap masyarakat bisa memahami bahwa Pemerintah Desa merealisasikan tahun depan itu dengan dasar Musren tahun ini, untuk rencana kerja di tahun 2023," tukas Kades Taman Sari.

Di acara yang sama, Sekcam Kecamatan Ketapang, Elhayati, SE, menjelaskan bahwa Desa Taman Sari adalah Desa terakhir yang menggelar Musrenbangdes di Kecamatan Ketapang.


"Alhamdulillah Musrenbangdes Taman Sari adalah Desa yang terakhir di Kecamatan Ketapang," jelasnya.


Dirinya mengimbuhkan agar ADD tahun 2022 segera direalisasikan mengingat tinggal dua bulan lagi akan berakhir, dan menyambut tahun anggaran 2023.


"Anggaran Dana Desa Tahun 2022, mohon segera di laksanakan agar bisa terealisasi semuanya hingga seratus persen," imbuh Sekcam.


Elhayati, SE, juga menambahkan skala prioritas T.A 2023 masih dalam ketahanan pangan, pemulihan ekonomi dan Kesehatan.


"Musrenbangdes di tahun anggaran 2023, masih prioritas ketahanan pangan, dan ditahun 2023 masih ada BLT DD dengan maksimal 25 persen. Selanjutnya pencegahan stunting dan kesehatan," tambahnya.


Sekcam Ketapang di tahun anggaran 2023, juga dianggarkan terkait akan mengadakan Ketapang Fire untuk meningkatkan UMKM Desa, serta pemilihan Kades di tahun 2023.


"Dan Kita, Kecamatan Ketapang akan mengadakan Ketapang Fire, jadi diangggarkan oleh Desa, dan juga untuk menampilkan produk UMKM dari Desa Taman Sari. Dan tahun 2023 Harus dianggarkan untuk pemilihan Kepala Desa, karena di tahun 2023 masa jabatan Kepala Desa Taman Sari sudah berakhir," ujar Sekcam.


Sekcam berharap yang dianggarkan tidak hanya pembangunan infrastruktur saja, tapi juga anggaran pemberdayaan masyarakat.


"Harapan kami, tidak hanya untuk pemaparan dan perencanaan untuk pembangunan fisik saja, tapi juga harus dianggarkan terkait pemberdayaan masyarakat," tegas Sekcam Ketapang, Elhayati, SE.


Tidak hanya Kades dan Sekcam, Babinsa R Dian K juga menyampaikan usulan kepada Kepala Desa Taman Sari, dirinya berharap perlengkapan linmasnya di lengkapi, mulai dari seragam dan atribut lainnya.

(Bst)








TerPopuler