KPU bersama Komisi II DPR-RI Ajak Masyarakat Lamsel Sukseskan Pemilu 2024

Rabu, 30 November 2022

KPU bersama Komisi II DPR-RI Ajak Masyarakat Lamsel Sukseskan Pemilu 2024

Rabu, 30 November 2022,

LAMSEL, BONGKARSELATAN.COM -

Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR-RI) Komisi II bersama Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU-RI) serta Komisi Pemilihan Umum Provinsi Lampung, Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Lampung Selatan (Lamsel), helat sosialisasi dan pendidikan pemilih Pemilihan Umum (Pemilu) serentak tahun 2024, yang digelar di halaman Eks Rumah Makan Siger 741, jalan Trans Sumatra Desa Sukajaya, Kecamatan Penengahan, pada Rabu (30/11/2022).


Acara sosialisasi tersebut dihadiri oleh Anggota Komisi II DPR-RI Dapil Lampung Zulkifli Anwar, Ketua KPU Provinsi Lampung Erwan Bustami, Anggota KPU Lamsel Irsan Didi, Narasumber dari Universitas Lampung (Unila) Dodi Irawan, jajaran Sekretariat KPU-RI, KPU Provinsi Lampung, KPU Lamsel, Unsur Pimpinan Kecamatan (Uspika) Penengahan, Kepala Desa se-Kecamatan Penengahan, Organisasi Masyarakat (Ormas), Karang Taruna Kecamatan Penengahan, tokoh agama, tokoh pemuda serta masyarakat setempat.


Anggota KPU Lamsel Irsan Didi, mewakili ketua KPU Lamsel Ansurasta Razak, menyambut kedatangan anggota DPR-RI Komisi II dan KPU Provinsi Lampung. 


"Selamat datang kepada bapak Zulkifli Anwar dan KPU Provinsi Lampung, kami sebagai tuan rumah mengucapkan terimakasih atas kedatangan dalam acara sosialisasi dan pendidikan pemilu serentak tahun 2024," sambut anggota KPUD Lamsel.

Di tempat yang sama, Ketua KPU Provinsi Lampung, Erwan Bustami memaparkan bahwa pelaksanaan acara tersebut merupakan kegiatan KPU-RI bersama DPR-RI Komisi II dalam menyambut Pemilu 2024.


"Alhamdulillah kita masyarakat Lampung bisa bertatap muka dalam acara KPU-RI melaksanakan sosialisasi yang bermitra dengan anggota DPR-RI Komisi II, Zulkifli Anwar, tentu banyak ilmu yang akan kita dapatkan nanti dalam menyongsong Pemilu 2024," paparnya.


Ketua KPU Provinsi Lampung juga mengimbuhkan bahwa saat ini KPUD sedang melaksanakan rekrutmen Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK).


"Pemilihan Umum akan kita laksanakan pada tanggal 14 Februari 2024, dan saat ini KPUD sedang melaksanakan rekrutmen Badan Ad Hoc PPK," imbuh Erwan Bustami.


Kegiatan sosialisasi tersebut dibuka secara resmi oleh Ketua KPU provinsi Lampung, Erwan Bustami.


Dalam kegiatan sosialisasi tersebut, Narasumber dari Unila Dodi Irawan, SH, menilai bahwa masyarakat Indonesia sudah dewasa ini sudah banyak faham dengan kegiatan Pemilu.


"Kami soroti, secara sosial kontak antar anak Bangsa semakin ketat, sekarang sudah faham dengan Demokrasi, karena mulai tahun 2004 Pemilihan Presiden Republik Indonesia tidak lagi diwakilkan oleh Parlement tapi sudah dipilih secara langsung oleh masyarakat. Gejala-gejala sosial harus kita sikapi secara dewasa dalam pesta Demokrasi, maka hasilnya akan berkualitas, dan tujuan sosialisasi ini bagaimana Pemilu 2024 akan berjalan dengan sukses," ungkap Dodi Irawan.


Dodi Irawan juga menjelaskan dua hal penting dalam mensukseskan Pemilu 2024, "Dua hal penting untuk mensukses Pemilu, yang pertama adalah peningkatan partisipasi masyarakat sangat menentukan kualitas pemimpin dari pesta Demokrasi politik, datang kemudian pilih dengan Luber dan jurdil, yang kedua kalau pemilu mau sukses yaitu pengawasan oleh Bawaslu, Polisi, TNI, maka kita butuhkan pengawasan partisipatif perlu kita sama-sama sadar untuk mengawasi, lihat, saksikan, dan laporkan, dan hal tersebut bisa jadi masukan untuk KPU dan Bawaslu, untuk mensukseskan Pemilu 2024," jelas Narasumber dari Unila.


Serta diakhir pemaparannya, Dodi berpesan kepada seluruh peserta untuk menghindari Politik uang.


"Hindari politik uang, dan diakhir bisa menjadikan Pemilu 2024 berjalan dengan sukses, legitimade dan berkualitas." Tegas Dodi Irawan.

Setali tiga uang, Anggota Komisi II DPR-RI Dapil I Lampung, Zulkifli Anwar, menjelaskan bahwa sosialisasi tersebut adalah silaturahmi sambil temu kangen kepada warga Lamsel.


"Sosialisasi Ini adalah program dari KPU-RI, saya anggota Komisi II DPR-RI yang bermitra, dengan tujuan memberikan segala macam bentuk pemahaman kepada masyarakat untuk pemilu 2024," jelas mantan Bupati Lamsel dua periode.


Anggota DPR-RI tiga priode tersebut memang besar di Lampung Selatan, mengajak masyarakat untuk menggunakan hak pilih sebagai Warga Negara yang baik.


"Harapan saya kepada masyarakat Lampung Selatan, mari kita tingkatkan partisipasi pemilih, dan juga jangan karena beda pilihan kita terpecah belah, karena jabatan datangnya dari Tuhan yang wasilah nya dari manusia." Tukas Zulkifli Anwar anggota Komisi II DPR-RI.

(Bst)


TerPopuler