PWRI Lampung Selatan Gelar Muskab, Bupati Nanang : Tetap Eksis, Berkolaborasi Dan Memberi Manfaat Untuk Masyarakat

Rabu, 26 Oktober 2022

PWRI Lampung Selatan Gelar Muskab, Bupati Nanang : Tetap Eksis, Berkolaborasi Dan Memberi Manfaat Untuk Masyarakat

Rabu, 26 Oktober 2022,

KALIANDA, Bongkarselatan.com – Persatuan Wredatama Republik Indonesia (PWRI) Kabupaten Lampung Selatan menggelar Musyawarah Kabupaten (Muskab) ke-V, yang berlansung di Sekretariat PWRI setempat, Gedung Joang 45, Way Urang, Kalianda, Selasa (25/10/2022).

Muskab yang dibuka secara resmi oleh Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto ini, merupakan mekanisme kelembagaan yang dilaksanakan untuk memastikan roda organisasi terus bergerak kedepan, sesuai dengan kondisi zaman dan tetap berlandaskan doktrin serta kode etik PWRI.

Ketua PWRI Lampung Selatan Drs. H. Azhari Alamsyah, M.M. menjelaskan, PWRI merupakan organisasi yang menghimpun purna tugas perangkat pemerintahan, menjadi wadah untuk mempererat kesatuan, persatuan dan solidaritas Wredatama serta alat pemersatu bangsa.

“Kami adakah pensiunan yang lulus dalam pengabdiannya, khususnya di Lampung Selatan. Pada kesempatan ini, kami melaporkan PWRI mempunyai anggota 973 orang yang tersebar di seluruh kecamatan di Kabupaten Lampung Selatan,” ujarnya.

“Ini merupakan forum konsultasi dalam rangka meningkatkan kesejahteraan dan meningkatkan partisipasi dalam pembangunan. Meski kondisi fisik dan mental kami semakin menurun, namun hal tersebut tidak menurunkan semangat kami untuk membantu pembangunan Lampung Selatan,” ujarnya lebih lanjut.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Pengurus Daerah PWRI Provinsi Lampung Drs. H. Lukman Hakim menyampaikan, dengan ilmu pengetahuan dan pengalaman selama mengabdi di pemerintahan, dirinya yakin, PWRI dapat menjadi panutan dan teladan bagi masyarakat.

Oleh karena itu, mantan Walikota Metro periode 2005-2014 ini berharap, PWRI tetap membantu Pemerintah Daerah dalam membangun sumber daya manusia yang unggul, dengan terus memberikan pengalaman kepada masyarakatnya, terutama bagi generasi muda.

“Mudah-mudahan acara muskab ini dapat berjalan dengan baik. Satu-satunya Kabupaten di Provinsi Lampung yang mempunyai dua cabang hanya di Lampung Selatan. Untuk diketahui, saat ini sebanyak 58 ribu lebih pensiunan yang ada di Provinsi Lampung, dengan koordinasi yang lebih baik lagi, saya harap bisa membawa kita menuju kearah yang lebih baik lagi,” kata Lukman.

Sementara, Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto menjelaskan, perhelatan Muskab ke-V PWRI ini harus menjadi bagian dari mekanisme organisasi untuk melakukan pembahasan dan pemantapan program organisasi, sesuai dengan AD/ART selama periode kepengurusan yang lama untuk dimantapkan dan dilanjutkan kembali oleh pengurus yang baru terpilih di dalam musyawarah.

Oleh karenanya melalui Muskab ini, Nanang berharap, dapat menjadi penyemangat bagi PWRI untuk tetap berkontribusi dan memberikan manfaat untuk masyarakat dan mendukung pembangunan di Kabupaten Lampung Selatan.

“Mudah-mudahan ini bisa membangkitkan semangat gelora baru lagi, bapak ibu sekalian adalah pejuang-pejuang yang telah berkiprah sangat lama. Kami yang meneruskan estafet dibidang birokrasi, kami masih ingin belajar khususnya kepada sesepuh-sesepuh yang ada di Lampung Selatan,” kata Nanang.

Pada kesempatan itu, Nanang juga menjelaskan, mengenai kondisi perekonomian negara yang kurang stabil, diakibatkan oleh adanya inflasi yang terus merangkat naik. Untuk menghadapi hal tersebut diperlukan kreatifitas dan kolaborasi dari generasi tua dan muda dalam memanfaatkan serta mengembangkan potensi yang ada.

“Situasi kondisi saat ini dunia sedang mengalami kondisi yang sangat berat yang mempengaruhi perekonomian dunia, kita patut beryukur kita tidak kekurangan pangan. Tapi ini dibutuhkan kerjasama kita semua, walaupun PWRI sudah sesepuh tapi kita bisa membentuk program untuk kemandirian pangan, pertumbuhan ekonomi, jadi kita tidak perlu ketergantungan,” jelasnya. (red/ptm)

TerPopuler