'Ngebubokh Nyambang Maju' Adat Budaya Asli Lampung yang Masih Terjaga Hingga Saat Ini

Minggu, 16 Oktober 2022

'Ngebubokh Nyambang Maju' Adat Budaya Asli Lampung yang Masih Terjaga Hingga Saat Ini

Minggu, 16 Oktober 2022,



LAMSEL, BONGKARSELATAN.COM -

Melestarikan budaya dari setiap suku yang ada di Indonesia merupakan hal yang patut dibanggakan oleh setiap insan pemangku adat itu sendiri.


Salah satunya adalah adat suku Lampung, khususnya yang ada wilayah Marga Dantaran, Kecamatan Penengahan, Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel), yang masih mempertahankan budaya dari nenek moyang yaitu 'Ngebubokh Nyambang Maju'.


Acara 'Ngebubokh Nyambang Maju' (Makan Bubur Menyambangi Pengantin) yang merupakan asli adat budaya suku Lampung, pada saat 'ngebambang' atau setelah Ijab Qobul 'Nyambang Maju'.


Sama halnya yang dilaksanakan disalah seorang keluarga besar Karang Taruna (Katar) Kecamatan Penengahan, yakni Bung Efendi yang berdomisili di Dusun Repong Bekhak, Desa Banjarmasin yang mendapatkan jodoh atau pasangan Munayah dari Desa Kampung Baru, Kecamatan Penengahan pada Minggu (16/10/2022).

Setelah ijab qobul, pada malam harinya dilaksanakan acara 'Nyambang Maju' oleh seluruh anggota Katar Penengahan, serta tidak lupa 'Ngebubokh' makan bubur bersama seluruh anggota yang sempat menyambangi pengantin tersebut.


Katar Kecamatan Penengahan yang diketuai oleh Bung Boy Ariesta SH, yang di dampingi oleh semua anggotanya yang sempat hadir, mengucapkan selamat atas pernikahan Bung Efendi dan Munayah, semoga menjadi keluarga yang Sakinah, Mawaddah, Warahmah.

(Bst)






TerPopuler