Desa di Lampung Selatan Kembali Juarai Lomba Tingkat Nasional

Sabtu, 03 September 2022

Desa di Lampung Selatan Kembali Juarai Lomba Tingkat Nasional

Sabtu, 03 September 2022,

 

LAMSEL, BONGKARSELATAN.COM -

Desa di Lampung Selatan (Lamsel) kembali juarai tingkat nasional, setelah sebelumnya Desa Waykalam Kecamatan Penengahan Juara 1 Nasional Pengelola Hutan Desa yg diadakan oleh Kementrian Kehutanan (Kemenhut) LHK Agustus lalu, kini Desa Sinar Rejeki raih Juara 2 lomba Pusat Data Nasional (Desa Digital) yang diadakan oleh perhimpunan open SID.


Desa Sinar Rejeki, Kecamatan Jati Agung, Kabupaten Lamsel, berhasil mendapatakan Juara 2 pada Lomba Pusat Data Desa Tingkat Nasional Tahun 2022, yang diselenggarakan oleh Open Desa sebuah Lembaga Perkumpulan Desa Digital Terbuka Tingkat Nasional.


Secara simbolis penghargaan tersebut diserahkan secara virtual, yang dalam hal itu diterima oleh Kasi Pemerintahan Desa Sinar Rejeki Mukhlisin, di dampingi Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Erdiyansyah, di Kantor Dinas PMD Lampung Selatan secara virtual melalui zoom meeting, Jum’at (2/9/2022).

Dalam perlombaan tersebut peserta diminta untuk mengirim link dan dokumentasi yang menggambarkan Desanya masing-masing, mulai dari profil Desa, potensi Desa, hingga data-data kependudukan serta data pendukung lainnya berkaitan dengan Desa yang diikutsertakan.


“Memang data-data yang kami input itu lengkap dan real, mulai dari profil kepala Desa, perangkat Desa, profil Desa, Peta Desa, statistik penduduk, Buku administrasi penduduk, data program penerima bantuan, data warga yang telah vaksin, data kelompok Tani, Data Suplemen, Data Calon Pemilih, layanan pengaduan, Data pembangunan Desa, Data inventaris pembangunan Desa, dashboard Statistik pengunjung website, lapak Desa, serta struktur pemerintahan Desa,” jelas Kasi Pemerintahan Desa Sinar Rejeki Mukhlisin.


Mukhlisin menambahkan, adanya sistem informasi data Desa ini dapat memberikan data terbaru juga akurat, serta selain memberikan kemudahan para perangkat Desa ketika adanya permintaan data Desa baik dari Kecamatan, Kabupaten ataupun Pusat.


“Motivasi awalnya setiap kali adanya permintaan data baik dari Kecamatan atau Kabupaten kadang-kadang dadakan dan kita kalau mau data yang real dan akurat agak kesulitan. Nah kemudian kami pelajari dan kami aplikasikan menggunakan database yang premium, memang aplikasinya lebih lengkap,” tambahnya.


Sementara, Kepala Dinas PMD Lampung Selatan Erdiyansyah, SH.MM mengatakan, Bupati Lampung Selatan sangat mendukung potensi-potensi yang ada di masing-masing Desa yang dapat di publish ke Dunia digital baik medsos atau website.


“Misal ada potensi wisata, Umkm, hasil pertanian, perkebunan dan lain-lain agar dapat diketahui dunia luar, bahwa desa di Lampung Selatan miliki potensi besar,” ucap Erdy saat ditemui dikantornya.


Dirinya tak lupa mengapreasiasi Desa Sinar Rejeki yang telah menerima penghargaan Lomba Data Desa tingkat Nasional. Ia berharap, bahwa Desa-Desa di Lampung Selatan secara perlahan dapat bertransformasi menjadi Desa Digital.


“Alhamduliah Desa Sinar Rejeki mendapatkan juara 2 pada ajang Lomba Data Desa tingkat Nasional, semoga ini bisa memotivasi Desa-Desa lain untuk bisa menyediakan data-data yang real dan akurat di tiap-tiap Desa dan mudah diakses melalui link atau website.” Tukas Kadis PMD, Erdiyansyah, SH.MM.


(Hy/Red)


TerPopuler