Gerak Cepat...! Desa Sripendowo Salurkan BLT-DD Tahap III Tahun 2022 Ke 102 KPM

Jumat, 12 Agustus 2022

Gerak Cepat...! Desa Sripendowo Salurkan BLT-DD Tahap III Tahun 2022 Ke 102 KPM

Jumat, 12 Agustus 2022,

LAMSEL (KETAPANG), BONGKARSELATAN.COM -Pemerintahan Desa (Pemdes) Sripendowo, Kecamatan Ketapang, Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel) salurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) tahap III tahun 2022. Jum'at (8/4/2022).


Acara penyerahan BLT-DD dilaksanakan di kantor Desa setempat, yang dihadiri oleh Ibu Sekcam Elhayati, SE, Kades Sripendowo Candra Irawan, Pemdamping Desa Purwanto, Sekdes Herlambang, BPD, LPM, Tokoh pemuda, Aparatur Desa serta seluruh masyarakat penerima BLT-DD.


Penyerahan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) tahun 2022 ditahap III senilai 600 ribu dua bulan, terhitung Bulan Juli dan Agustus, kepada 102 (Seratus dua) Keluarga Penerima Manfaat (KPM), yang diserahkan langsung oleh Kepala Desa Sripendowo secara sombolis.


Kepala Desa Sripendowo Candra Irawan, dalam sambutannya memaparkan bahwa penyaluran BLT DD merupakan tahap III kepada 102 KPM.


"Penyaluran BLT DD tahap III ini senilai 600 ribu tahap  tiga terhitung dua bulan yaitu Bulan Juli dan Agustus," paparnya.


Kades menghimbau, dalam menyambut perayaan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT-RI) ke-77 kepada masyarakat untuk menjaga kesehatan, membersihkan lingkungan dan memasang bendera merah putih serta umbul-umbul.


"Saya menghimbau kepada masyaraka, untuk membersihkan lingkungan sekitar, memasang bendera merah putih dan umbul-umbul, menyambut perayaan HUT ke-77 dalam memperingati dan mengenang jasa para pahlawan dalam memperjuangkan kemerdekaan RI," imbuh Candra Irawan.


Dirinya juga berharap agar bantuan tersebut bisa di manfaatkan semaksimal mungkin dalam membantu kebutuhan rumah tangga serta pemulihan ekonomi masyarakat.


"Semoga masyarakat yang telah menerima bantuan BLT-DD ini bisa memanfaatkan dananya benar-benar untuk memenuhi keperluan rumah tangga, memulihkan ekonomi, serta saya harap dengan adanya bantuan yang diberikan oleh pemerintah kepada KPM ini bisa benar-benar dimanfaatkan dengan baik, serta kita berdo'a semoga pandemi Covid-19 ini cepat berlalu," ucapnya.

Mewakili Camat Ketapang, Ibu Sekcam Elhayati, SE, mnejelaskan bahwa penyaluran BLT DD tahap III yang merupakan realisasi kepada masyarakat yang terdampak covid-19.


"Penyaluran BLT DD terhadap masyarakat yang terdampak covid, sesuai dengan anjuran pemerintah untuk melaksanakan vaksin, baik vaksin 1, 2, dan 3 atau booster," jelasnya.


Dan untuk masyarakat diharapkan untuk menjaga kesehatan, dan pihak UPT RI susah menyiapkan bagi masyarakat yang belum vaksin.


"Untuk selalu menjaga kesehatan dan kebersihan lingkungan untuk menuju masyarakat yang sehat," imbuh Elhayati, SE.


Pendamping Desa Purwanto, memaparkan bahwa bantuan pada tahun 2022 yang penyaluran bersumber dari DD adalah 40 persen.


"Tahun 2022 BLT DD minimal 40 persen, dan nanti pada tahun 2023 tergantung dari kebutuhan Desa masing masing, yang tujuan nya untuk pembangunan," papar Pendamping Desa.


Dan pada tahun 2023 BLT DD penyaluran nya berubah menjadi batas maksimal 40 persen yang akan lebih fokus kepada pembangunan fisik di Desa.


"Pendapatan masyarakat tidak lebih dari 400rb yang disebut miskin extrime yang akan mendapat bantuan di tahun 2023, yang tadi nya minimal tahun 2023 menjadi batas maksimal 40 persen, dalam arti bisa kurang dari 40 persen dan akan lebih untuk pembangunan fisik." Pungkas Purwanto.

(Bst)

TerPopuler