DPMD Lamsel Dorong UMKM dan Pariwisata Menuju Lamsel Bebas Stunting

Rabu, 27 Juli 2022

DPMD Lamsel Dorong UMKM dan Pariwisata Menuju Lamsel Bebas Stunting

Rabu, 27 Juli 2022,

 



LAMSEL (BAKAUHENI), BONGKARSELATAN.COM - Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD), Erdiyansyah, SH, MM, hadiri Road Show Program Swasembada Gizi Dalam Penguatan Kapasitas Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) yang di gelar di lapangan Desa Totoharjo, Kecamatan Bakauheni, Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel). Rabu (27/7/2022).


Kepala Dinas PMD, Erdiyansyah, SH, MM, dalam sambutannya menjelaskan bahwa kegiatan road show yang di gelar di Kecamatan Bakauheni tersebut merupakan titik ke sembilan dari 17 Kecamatan yang ada di Lamsel.


"Alhamdulillah kegiatan road show program swasembada gizi dalam penguatan kapasitas TPPS di Desa Totoharjo Kecamatan Bakauheni berjalan dengan lancar," paparnya.


Kadis PMD juga menyampaikan bahwa pembangunan tidak hanya dalam infrastruktur saja, namun juga pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM), mulai dari sektor pendidikan, Kesehatan, dan ekonomi.


"Pembangunan sejatinya tidak hanya infrastruktur saja, tapi juga pembangunan Sumber Daya Manusia, mulai dari sektor pendidikan, kesehatan dan ekonomi," jelasnya.


Ia juga mengimbuhkan dalam usaha pencegahan dan penguatan pencegahan stunting di Lamsel Dinas PMD terus mendorong UMKM dan Pariwisata di Desa untuk meningkatkan PAD, sehingga ekonomi masyarakat terpenuhi, sehat dan bebas dari stunting.


"Kita harus pastikan sarana prasarana terpenuhi dalam peningkatan ekonomi masyarakat Desa, salah satunya adalah UMKM dan Pariwisata untuk meningkatkan PAD, yang pada akhirnya masyarakat akan sejahtera, sehat, dan bebas  dari stunting," imbuhnya.


Dirinya juga menerangkan bahwa selain sektor pendidikan dan kesehatan, pentingnya Indeks Pembangunan Manusia (IPM).


"Karena UMKM dan Pariwisata adalah bagian dari perekonomian yang merupakan salah satu indikator Indeks Pembangunan Manusia (IPM) selain pendidikan dan kesehatan," terangnya.


Kadis PMD dalam akhir sambutannya, menekankan target Lamsel di tahun 2023 bebas dari stunting.

"Kita berharap tahun depan target akan tercapai dengan zero stunting dan kita akan Menyongsong Lampung Selatan 2023 bebas stunting." Tukasnya.


(Bst)

TerPopuler