Kerajinan Tangan Dari Kulit Bambu, Karya Eko Suprapto Warga Penobaan

Sabtu, 28 Mei 2022

Kerajinan Tangan Dari Kulit Bambu, Karya Eko Suprapto Warga Penobaan

Sabtu, 28 Mei 2022,

 




LAMPUNG SELATAN, BONGKARSELATAN.COM- Kampung Suka Rame Penobaan Bakauheni Lampung Selatan, adalah Kampung bagian dari yang paling ujung di Desa Bakauheni sebelah Selatan. Aktivitas penduduk Dusun Sukarame mayoritas sebagai nelayan petani tambak udang.


Eko Suprapto adalah salah satu dari salah satu warga Dusun Sukarame pembuat pengrajin miniatur rumah-rumahan yang terbuat dari bahan kulit bambu, ini pengerjaannya cukup lumayan lama bisa memakan waktu seminggu hingga sepuluh hari dari satu hasil miniatur

sampai finishing,


Bahan yang di gunakan itu tidak terlalu rumit yaitu lem, kulit bambu yang sudah di sisik lalu di ampelas supaya menjadi halus.


Mas eko membuat Miniatur rumah Adat Lampung Sumong, di buat semirip mungkin dengan yang sebenarnya,


Namun hasil atas apa yang dikerjakannya pembuatan miniatur membuahkan hasil dan cukup menarik perhatian dengan yang hobi koleksi miniatur yang unik.


Di samping itu juga Eko Suprapto bukan hanya mengerjakan miniatur rumah, namun ia juga membuat miniatur seperti kapal-kapalan, perahu dan miniatur pajangan untuk dudukan lampu hias,


Untuk mengenai harga sangat ber variasi minitaur lampu hias di bandrol dengan harga 150 ribu atau 125 ribu rupiah, kalau miniatur Rumah-rumahan bisa 300 ribuan mengingat dalam pengerjaanya cukup lumayan lama hampir sepuluh hari dari tingkat kesulitannya seni membuat lengkung dari sudutnya.


Sejauh ini Eko Suprapto menggeluti bidangnya sudah banyak yang memesan miniatur mengetahui melalui media sosial dari Facebook, untuk para pemesan bukan hanya dari daerah Lampung namun ada juga pemesan dari luar Lampung seperti pulau Jawa bahkan sampai ke daerah Sulawesi tuturnya. (Rls/Red)

TerPopuler