120 KPM Desa Kecapi Terima BLT DD Tahap II TA 2022.

Rabu, 25 Mei 2022

120 KPM Desa Kecapi Terima BLT DD Tahap II TA 2022.

Rabu, 25 Mei 2022,


Kalianda, Bongkarselatan.com –
Pemerintah Desa Kecapi Kecamatan Kalianda Kabupaten Lampung Selatan menyerahkan secara Simbolis Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT- DD) tahap II kepada 120 keluarga penerima manfaat ( KPM ) Rabu, (25/05/2022)


Penyerahan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT- DD) kepada keluarga penerima manfaat (KPM) sebesar 900 ribu untuk tiga bulan, terhitung dari bulan April, Mei, dan Juni, yang dimana setiap bulannya Keluarga Penerima Manfaat (KPM) menerima 300 ribu perbulan.


Acara penyerahan dilaksanakan di Aula Kantor Desa Kecapi Kecamatan Kalianda Kabupaten Lampung Selatan.


Dalam kegiatan tersebut dihadiri langsung oleh Camat Kalianda Zaidan SE. Babinkamtibmas, Pendamping kecamatan, Pendamping Desa, LPM, Tokoh Masyarakat serta Aparatur Desa Maja dan keluarga penerima manfaat (KPM) Desa Kecapi.


Zaidan SE. Selaku Camat Kalianda mengatakan jangan sampai ada yang memberikan imbalan apapun kepada aparatur Desa, karena itu tidak ada potongan apapun dan mereka sudah mendapatkan gaji dari pemerintah, agar tidak terjadi kesalah pahaman dan jika ada yang di potong saya ganti dua kali lipat tegasnya.


Selain itu Zaidan SE. Selaku Camat Kalianda menambahkan di musim penghujan seperti saat ini ia menghimbau kepada seluruh masyarakat Desa Kecapi agar selalu waspasa terkait adanya wabah Penyakit DBD.


Dan ia juga menghimbau agar selalu rutin membersihkan lingkungan di sekitar kita seperti membersihkan selokan mengubur barang bekas dan menutup penampungan air agar tidak menjadi tempat berkembang biaknya nyamuk," jelasnya.


Penyaluran BLT- DD ini merupakan realisasi PERPRES nomor 104 tahun 2021 serta PERMENDES nomor 7 tahun 2021, yang mengatur tentang alokasi penggunaan dana desa ( DD ) pada tahun 2022 dimana ketentuan penggunaan dana desa disebutkan sekitar 40% di gunakan untuk bantuan lansung tunai.


Kepala Desa Kecapi, Ridwansyah mengatakan,”Untuk Desa Kecapi pelaksanaan jatuh pada hari rabu, kita serahkan secara langsung kepada keluarga penerima manfaat (KPM)”.


“Dan momennya sangat pas disaat masyarakat memang lagi membutuhkan untuk keperluan dimana dimasa pandemi seperti saat ini semua bahan pokok serba naik dan pemerintah hadir untuk memberikan bantuan BLT DD kepada masyarakat, mudah - mudahan masyarakat merasa terbantu dan yakin bahwa pemerintah memang selalu ada untuk masyarakat.


Dan masyarakat juga dapat menggunakan BLT DD tersebut untuk membeli kebutuhan atau keperluan keluarga,”Ucapnya.


“Harapan saya kepada seluruh masyarakat yang menerima BLT DD dapat memanfaatkan bantuan ini dengan baik, untuk keperluan keluarga, Karena kita semua tahu dalam keadaan seperti saat ini yang masih dalam keadaan pandemi semua serba sulit, bahkan seperti yang kita ketahui harga minyak goreng pun sampai saat ini masih terhitung mahal dan semua bahan pokok pun melambung tinggi,”Tutupnya.


Dalam pelaksanaan penyaluran bantuan yang berlangsung di aula tersebut, Kepala Desa Kecapi menghimbau kepada seluruh lapisan masyarakat agar selalu mematuhi protokol kesehatan (prokes) seperti mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir menjaga jarak, juga memakai masker. (Jhr)

TerPopuler