BPBD Lampung Selatan Arahkan Pencegahan dan Mitigasi Bencana

Rabu, 18 Oktober 2023

BPBD Lampung Selatan Arahkan Pencegahan dan Mitigasi Bencana

Rabu, 18 Oktober 2023,


LAMSEL, BONGKARSELATAN.COM -

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) adalah lembaga Pemerintah non-departemen yang melaksanakan tugas penanggulangan bencana di daerah baik Provinsi maupun Kabupaten/ Kota dengan berpedoman pada kebijakan yang ditetapkan oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).


Salah satu tugas BPBD Kabupaten adalah menetapkan pedoman dan pengarahan terhadap usaha penanggulangan bencana yang mencakup pencegahan bencana, penanganan darurat, rehabilitasi, serta rekonstruksi secara adil dan setara.

BPBD Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel), melaksanakan tugasnya tersebut dengan menggelar Pencegahan dan Mitigasi Bencana, yang dihelat di aula Kantor Kecamatan Penengahan, pada Rabu (18/10/2023).


Hadir sebagai narasumber dari Paluma Nusantara Yuwono, jajaran BPBD Fauzi, Romi, Sekretaris Kecamatan (Sekcam) Penengahan Hermawan, serta perwakilan masyarakat dari lima Desa yakni Desa Kelau, Pasuruan, Penengahan, Padan, dan Way Kalam.

Narasumber dari Paluma Nusantara Yuwono menerangkan, "Jadi kegiatan kita hari ini kan pencegahan dan pelatihan. Pencegahan dan mitigasi bencana di mana pelatihan pencegahan dan mitigasi bencana itu bagian dari kegiatan pra bencana yang dilakukan temen-temen hari ini," terangnya.


Lanjutnya, "mengidentifikasi pencegahan yang harus dilakukan apa, karena pencegahan ini terfokus pada penyebab kejadian bencana, sementara kalau mitigasi itu bagaimana menyelesaikan dampak, jadi lebih ke menyelesaikan bagaimana di masyarakat temen-temen itu mengidentifikasi semua kegiatan itu," imbuh Yuwono.

Yuwono memaparkan, "dimana harapannya nanti kegiatan pencegahan dan mitigasi ini bisa diterapkan di Desanya walaupun di Desanya temen-temen belum terjadi bencana, paling tidak teman-teman punya gambaran dia tanpa ada yang harus dilakukan, siapa saja yang harus melakukan sampai kemudian siapa yang harus mengawasi, kegiatan ini kemudian sampai pesan yang harus disampaikan di kegiatan itu apa saja. Kemudian nanti di akhir acara kita akan ada pembentukan relawan Kecamatan, dimana relawan Kecamatan ini lebih sebagai wadah untuk komunikasi antar warga Kecamatan supaya ketika terjadi bencana atau memiliki rencana yang sama terkait ancaman bencana," pungkasnya.


Ditempat yang sama, Anggota BPBD Lamsel Romi menegaskan bahwa pihaknya sudah bekerjasama dengan Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkarmat) Lamsel, untuk mengatasi Kebakaran dan Kekeringan dalam penyaluran Air bersih untuk masyarakat yang membutuhkan.

(Red)

TerPopuler