Katar Penengahan 'Nyambang Maju', Tradisi Lampung Wajib Terjaga

Jumat, 19 Mei 2023

Katar Penengahan 'Nyambang Maju', Tradisi Lampung Wajib Terjaga

Jumat, 19 Mei 2023,


LAMSEL, BONGKARSELATAN.COM -

Pernikahan dan perkawinan merupakan peristiwa yang sakral serta penting dalam kehidupan manusia, karena perkawinan merupakan suatu ikatan lahir bathin antara seorang laki-laki dengan seorang perempuan dalam rangka mewujudkan keluarga yang berbahagia menuju keluarga Sakinah, Mawaddah dan Warahmah (Samawa).


Selain itu pernikahan akan mempersatukan antara satu keluarga dengan keluarga yang lain. Salah satu kebudayaan yang terdapat di Lampung khususnya bagi masyarakat adat Lampung Marga Dantaran dan Marga Ratu yang berada di Kecamatan Penengahan Kabupaten Lampung Selatan yang telah ada sejak dahulu yaitu suatu tradisi 'Nyambang Maju'.

Nyambang Maju merupakan kunjungan atau berkunjungnya seseorang, kelompok, keluarga, sahabat, serta si Bathin kepada pengantin yang baru selesai melaksanakan pernikahan khususnya adat Lampung.


Sama halnya yang dilaksanakan oleh Karang Taruna (Katar) Penengahan yang masih hingga saat ini melestarikan Adat Budaya Tradisi Lampung, Nyambang Maju ke kediaman pengantin pria di Desa Taman Baru, Kecamatan Penengahan, Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel), pada Jum'at malam (19/5/2023).

Pengantin pria tersebut tak lain adalah anggota Katar Penengahan atau familiar disebut dengan Katar 'Khagom Setulungan' yang bernama Amrizal (Daynis) yang mendapat pasangan Maria Erfiana berasal dari Desa Way Kalam, Kecamatan Penengahan.


Ketua Katar Khagom Setulungan Boy Ariesta, SH, mengungkapkan, acara tersebut selain ajang silaturahmi juga sebagai pelestarian tradisi Nyambang Maju khususnya Marga Dantaran dan Marga Ratu di Kecamatan Penengahan.

"Dengan acara Nyambang Maju ini, semoga Adat Budaya tradisi Lampung akan tetap terjaga, dan semakin menunjukkan bahwa Khagom Setulungan itu ada, serta semoga dinda Amrizal (Daynis) dengan  Maria Erfiana bisa membina rumah tangga yang bahagia dan Samawa." Tukas singkat Boy sapaan akrabnya, yang didampingi jajaran anggota Katar Penengahan.

(Red)





TerPopuler