Tampil Beda..! Palembapang Helat Musrenbangdes di Lapangan Terbuka Alam Mutokh Pelita Dewa

Rabu, 30 November 2022

Tampil Beda..! Palembapang Helat Musrenbangdes di Lapangan Terbuka Alam Mutokh Pelita Dewa

Rabu, 30 November 2022,

LAMSEL (KALIANDA), BONGKARSELATAN.COM - Pemerintahan Desa (Pemdes) Palembapang, gelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Musrenbangdes) dalam menyusun dan penetapan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) Tahun Anggaran (T.A) 2023 yang dilaksanakan di lapangan Alam Mutokh Dusun 8 Pelita Dewa, Desa Palembapang, Kecamatan Kalianda, Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel) pada Selasa malam (29/11/2022).


Acara Musrenbangdes tersebut dimulai sekitar pukul 20.00 wib disuguhkan dengan warna berbeda dari Desa lain, yang dihadiri oleh Camat Kalianda Zaidan S,E, Sekretaris Kecamatan (Sekcam) Kalianda Muhammad Nur, Kepala Desa Palembapang Hendryadi, SE, MM, Babinsa Serma Muslim, Ketua BPD A.Rifai, M.Pd, LPM Irwansyah, Kupt Pupr Munadi, SE, Kupt PPI diwakili Maria Agustina, Kupt Keswas Marwan, Korluh KB Komala Sari, Pendamping Desa, Kader PKK, Karang Taruna, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, serta Aparatur Desa setempat.


Sebelum dimulai acara Musrenbangdes, disuguhkan dengan tarian kipas adat Lampung dari sanggar Sabuai yang memang di bina oleh Kepala Desa Palembapang.

Tak hanya tarian, Kades pun memberikan puluhan penghargaan berupa piala kepada warganya, dari juara lomba mewarnai tingkat Paud/TK, SD, sampai dengan tokoh agama, tokoh penggiat ekonomi, tokoh masyarakat kreator, tokoh pejuang petru, tokoh aparatur, serta penghargaan setingginya kepada keluarga yang sudah mewakafkan lapangan Alam Mutokh, tanah di SD, Paud, dan jalan Desa Palembapang. 

Camat Kalianda, dalam sambutannya sangat mengapresiasi kinerja Kepala Desa Palembapang yang penuh inovasi serta dekat dengan masyarakatnya.


"Musrenbangdes Palembapang ini sangat istimewa dibanding Desa lain, Desa lain selalu di Balai Desa, Pak Kades Palembapang ini penuh inovasi, bedanya dengan Desa lain, selain itu juga beliau adalah penggiat seni sebagai anggota Dewan Kesenian Lampung Selatan, masalah Adat juga beliau menanganinya, kenapa ini dilaksanakan di lapangan di Dusun ini, beliau ingin merangkul seluruh masyarakatnya, supaya seluruh masyarakat tahu dan paham terkait Musrenbangdes, buat rancangan terbuka untuk masyarakat nya," ungkap Camat Kalianda serta menyampaikan salam dari Bupati Lampung Selatan untuk orang nomor satu di Desa Palembapang tersebut.

Di tempat yang sama, Sekretaris Camat Muhammad Nur, menyampaikan terkait masyarakat yang akan mendapatkan bantuan ditahun 2023 yaitu kemiskinan yang ekstrim.


"Ditahun 2023, tidak ada lagi BLT-DD terimbas Covid, tapi ada Bantuan untuk masyarakat yang benar-benar miskin ekstrim maksimal 25 persen," jelas Sekcam Kalianda.


Senada dengan Camat, Sekcam juga sangat mengapresiasi Kades Palembapang yang terus menggali potensi masyarakat nya, terutama di bidang Seni dan Budaya Adat Lampung.


"Selama Musrenbangdes ini juga, belum ada yang menyuguhkan tari-tarian, inilah hebat nya Kades Palembapang, yang terus menggali potensi yang ada di masyarakatnya," terang Sekcam Kalianda.


Setali tiga uang, Kades Palembapang Hendryadi, SE, MM, menjelaskan Musrenbangdes di laksanakan di Dusun Pelita Dewa tersebut merupakan terobosan Pemdes untuk lebih dekat dengan warganya.


"Menjadi sesuatu yang penting bagi kami Pemerintahan Desa, tidak hanya di Balai Desa tempat Musrenbangdes kali ini, tapi kita tempatkan dilapangan Alam Mutokh, dengan maksud dan tujuan bahwasanya pesan kami yang akan kami disampaikan kepada warga adalah kita merangkul apa-apa yang menjadi kebutuhan masyarakat, sehingga bisa lebih dekat dengan masyarakat, karena memang Desa Palembapang cukup luas secara ruangnya, jadi bertempat diujung, Dusun 8," jelas Kades Palembapang.


Hendryadi, SE, MM, mengimbuhkan, "Kemudian apa yang menjadi penyampaian kami di  Musrenbangdes kali ini, penyampaian apa-apa yang sudah kami kerjakan di tahun 2022, baik itu terkait dengan pembangunan secara fisik, pembukaan jalan, gedung, kemudian juga pemberdayaan manusianya, kemudian juga tidak hanya menggunakan Anggaran Dana Desa tapi juga Alhamdulilah tahun 2022 kita mendapatkan bantuan dari APBD bahkan APBN," imbuh Kades yang juga aktif di Dewan Kesenian Lampung Selatan (DKLS).


Kades menambahkan, "Kemudian perencanaan-perencanaan ditahun 2023 juga kami sadar masih banyak kebutuhan-kebutuhan yang menjadi PR bagi kami Pemerintahan Desa, entah itu pemberdayaan manusianya, juga terkait dengan kebutuhan pembangunan, baik itu pembangunan jalan lingkungan, jalan produksi, pangan, kemudian juga kebutuhan-kebutuhan yang lain," tambah Hendryadi, SE, MM.

Kades Palembapang berharap semua keinginan yang di sampaikan masyarakat dalam Musrenbangdes T.A 2023 tersebut akan terakomodir dengan baik.


"Harapan kami, semua yang disampaikan oleh masyarakat, baik itu melalui LPM, BPD dan stakeholder yang lainnya, terkait kesehatan keamanan dan lainnya bisa kami akomodir, namun di musrenbangdes kali ini kami juga sampaikan ada banyak keterbatasan-keterbatasan untuk merealisasikan pembangunan tersebut, tapi mudah-mudahan semuanya bisa sama-sama mengerti dengan situasi seperti ini, dengan keterbatasan anggaran tentunya," harap bang Hen sapaan akrabnya.


Orang nomor satu di Desa Palembapang ini juga menyampaikan, "Skala prioritas ditahun 2023 kita masih terkait dengan kesehatan, karena memang kita masih pasca Covid, masih terkait dengan ketahanan pangan, karena Desa Palembapang juga loku stunting, namun ada perbaikan-perbaikan, Alhamdulillah kemaren ada kunjungan dari Kadis Kesehatan InsyaAlah tahun 2023 akan ada perehaban Postu, kemudian juga karena tahun di 2022 ada pembukaan jalan, untuk jalan pemukiman juga jalan produksi, mudah-mudahan ada perbaikan lebih baik lagi terkait jalan tersebut," paparnya lagi kepada para jurnalis seusai acara Musrenbangdes.


Bang Hen optimis, dengan adanya kerjasama yang baik, semua rencana pembangunan di Desanya akan berjalan dengan lancar.


"Tidak hanya terkait dengan Anggaran Dana Desa ada juga APBD, tadi juga sudah di sampaikan dari beberapa Uspika, dari beberapa Dinas dari PU kemudian yang lainnya, artinya mudah-mudahan dengan kerja keras kawan-kawan, baik Pemerintahan Desa maupun yang lainnya, kita bisa mengusulkan dengan Dinas-Dinas yang lain, namun seandainya tidak terealisasi segera kita koordinasikan dengan BPD tentunya, bagaimana langkah selanjutnya." Pungkas Kades Palembapang Hendryadi, SE, MM.

(Bst)

TerPopuler