Pemdes Sukaratu Helat Musrenbangdes Susun RKPDes 2024

Selasa, 31 Oktober 2023

Pemdes Sukaratu Helat Musrenbangdes Susun RKPDes 2024

Selasa, 31 Oktober 2023,


LAMSEL, BONGKARSELATAN.COM -

Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Musrenbangdes) adalah salah satu proses partisipatif dalam penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) yang dilaksanakan oleh Pemdes bersama Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dan unsur masyarakat, untuk menyepakati hal yang bersifat strategis dalam pembangunan desa. 


Oleh karena itu Pemerintahan Desa (Pemdes) Sukaratu, Kecamatan Kalianda, Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel), menggelar Musrenbangdes dan Penyusunan RKPDes tahun anggaran 2024, yang dihelat di Balai Desa setempat, pada Selasa (31/10/2023).

Hadir dalam acara tersebut Sekretaris Camat (sekcam) Kalianda Muhamad Nur SE, Kasi Ekobang Sohari, Kepala Desa Robi Cahyadi, BPD , Dinas Perikanan, Kupt Puskesmas, Kupt PU, Kupt Pertanian, Upt Pajak, Korluh KB, Bhabinkamtibmas, Pendamping Desa Kecamatan Kalianda, Tokoh Agama, Tokoh Adat, Tokoh Pemuda,   Pendamping lokal Desa, Seluruh Aparatur Desa dan para tamu undangan yang hadir. 


Sekcam Kalianda Muhamad Nur SE, yang mewakili Camat Kalianda, Pirma Romayansyah SH. MM, dalam sambutannya mengatakan, "selain menentukan prioritas yang masuk dalam RKPDes Tahun 2023, Musrenbang Desa juga menyepakati program-program tahun anggaran 2024, yang akan diajukan ke tingkat kabupaten. Program atau usulan yang diajukan ke tingkat kabupaten ini lebih dikenal dengan istilah Daftar Usulan Rencana Kegiatan (DURK ). Program yang diusulkan adalah program-program yang tidak dapat didanai oleh APBDes karena bukan menjadi kewenangan desa melainkan kewenangan kabupaten, dengan harapan program usulan tersebut dapat menjadi prioritas kabupaten dan dapat direalisasikan," Paparnya. 

Sesuai amanat Pemerintah, sambung Sekcam, "bahwa pembangunan yang direncanakan dan dilaksanakan, bukan melulu masalah pembangunan fisik tetapi juga harus meliputi masalah pemberdayaan masyarakat. Dimana sektor ini menjadi sangat krusial untuk diperhatikan dan diprioritaskan agar masyarakat sedikit demi sedikit, setahap demi setahap mampu memberdayakan dirinya sendiri untuk memenuhi kebutuhan primer (Dasar) dan kebutuhan sekunder, sehingga diharapkan tingkat kesejahteraan masyarakat akan semakin naik. Semoga dengan dilaksanakannya musrenbang Desa, pembangunan desa akan semakin terarah serta tepat sasaran demi terwujudnya desa maju, Indonesia maju. " Pungkas Muhamad Nur SE. 


Disisi lain,  Sekretaris Desa (Sekdes) Soldiansyah, yang mewakili kepala Desa (Kades) Sukaratu Robi Cahyadi, saat di wawancara oleh Pewarta dilokasi  terkait Program yang akan di prioritaskan di tahun 2024 mendatang mengungkapkan, “untuk rencana pembangunan di tahun 2024, kita akan memprioritaskan, jembatan, gorong-gorong, Jalan rabat beton, Pamsi Mas, Saluran air bersih, bedah rumah, anak putus sekolah, stunting, dan ketahan pangan. " Ungkap Soldiansyah. 


Lanjutnya, “Dan kemungkinan untuk BLT DD kemiskinan ekstrim masih dianggarkan di tahun 2004. Harapan kita semua bisa terlaksana dan terealisasi dengan baik.” Tukasnya dengan singkat.

(Ish/Red)

TerPopuler