Upaya Pencegahan Stunting, Babinsa Kodim 0421/LS Dampingi Posyandu Desa

Jumat, 15 September 2023

Upaya Pencegahan Stunting, Babinsa Kodim 0421/LS Dampingi Posyandu Desa

Jumat, 15 September 2023,


LAMSEL, BONGKARSELATAN.COM -

Sebagai wujud kepedulian dalam bidang kesehatan, khususnya ibu dan anak serta percepatan penurunan angka stunting, Babinsa Sertu Heri Indarto Anggota Koramil 421-06/Natar Kodim 0421/LS melaksanakan pendampingan pencegahan stunting bertempat di Aula Desa Kalisar, Kecamatan Natar, Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel), Jum'at (15/9/2023).


Sasaran kegiatan yang dilaksanakan yaitu penimbangan berat badan, mengukur tinggi badan untuk mengetahui perkembangan dan pertumbuhan bayi serta pemberian  makanan tambahan kepada balita untuk mencegah stunting. Pendampingan yang dilakukan oleh Babinsa bersama tim kesehatan adalah wujud kepedulian dan perhatian terhadap masyarakat, agar mereka mendapatkan pelayanan kesehatan yang baik dan anak balita dapat tumbuh dengan sehat.

Kegiatan ini merupakan program rutin yang kerap dilaksanakan oleh petugas kesehatan Bidan Desa dan dibantu oleh Kader Posyandu, yang ditugaskan membantu untuk mengontrol kesehatan Balita dan Ibu hamil yang berdomisili di Desa Kalisari”, ungkap Sertu Heri Indarto.


Dalam kesempatan itu, Babinsa Desa Kalisari itu juga mengatakan bahwa kegiatan tersebut merupakan wujud pendampingan TNI AD di setiap kegiatan kewilayahan dalam membantu program pemerintah di bidang kesehatan khususnya.

“Sebagai seorang Babinsa yang juga aparat TNI AD sangat mendukung sepenuhnya pelaksanaan imunisasi bagi Balita ini untuk mewujudkan program pemerintah dalam menciptakan Balita yang sehat dan mencegah gizi buruk atau Stunting demi tercapainya generasi penerus bangsa yang sehat dan kuat,” ujar Babinsa.


Selain itu, dengan adanya peran aparat TNI di tengah-tengah para petugas kesehatan merasa sangat terbantu untuk menyukseskan pelaksanaan kegiatan Posyandu Balita ini, Babinsa juga menyampaikan kepada para orang tua Balita untuk tetap semangat dan selalu menjaga kebersihan di lingkungannya dengan menerapkan PHBS”, ucapnya.

Di sela sela kegiatan Bidan Desa Kalisari Indah Septiana, A.Md,Keb. mengatakan bahwa, “Kegiatan Babinsa dalam melaksanakan pendampingan Posyandu khususnya Posyandu Balita sangat positif karena bisa mengajak dan menghimbau masyarakat yang mempunyai Balita untuk  melaksanakan  penimbangan bayinya sehingga   perkembangan kesehatan bayi   setiap bulannya bisa terpantau,” tutupnya.

(Red)

TerPopuler