Wujud Kepedulian pada Rakyat, Babinsa Kodim 0421/Ls Bantu Petani Cabe

Sabtu, 08 Juli 2023

Wujud Kepedulian pada Rakyat, Babinsa Kodim 0421/Ls Bantu Petani Cabe

Sabtu, 08 Juli 2023,

 


LAMSEL, BONGKARSELATAN.COM -

Perawatan tanaman Cabe harus sering dilakukan demi menjaga kesuburan tanaman. Seperti yang dilakukan Babinsa 421-10/KTB Kodim 0421/Ls Serda Suwandi yang rajin membantu petani membersihkan Rumput pada tanaman Cabe di wilayah binaannya di Desa Sidomekar  Kecamatan Dusun Teluk Harapan kabupaten Lampung Selatan, Sabtu (8/7/2023).


Babinsa 421-10/KTB Serda Suwandi Mengatakan Peran TNI khususnya Babinsa sangat penting dalam rangka menyukseskan program pemerintah dibidang Ketahanan Pangan (Hanpangan). Oleh karena itu para Babinsa dituntut selalu berperan aktif pada setiap hal- hal yang berkaitan dengan pertanian.


"Dengan rutin dalam perawatan tanaman cabe, diharapkan mampu menekan pertumbuhan rumput maupun gulma yang ada pada tanaman, sehingga tanaman akan tumbuh subur dan menghasilkan buah yang berkualitas baik," ujar Babinsa.

“Kegiatan pendampingan ini sering dilakukan bersama petani, sebagai bentuk kepedulian Babinsa kepada masyarakat di wilayah binaan, serta untuk mensukseskan program Pemerintah tentang Swasembada pangan," ucapnya.


“Keberadaan Gulma perlu dibasmi, karena sangat besar sekali pengaruhnya pada tanaman dan apabila dibiarkan akan mengakibatkan tanaman menjadi rusak dan lambat dalam proses pembuahan,” imbuhnya.


"Dengan adanya kegiatan itu diharapkan tanaman cabe yang ditanam akan tumbuh dengan maksimal dan hasil yang akan dicapai petanipun akan meningkat. Hal ini tidak lepas dari pengawasan Babinsa karena dengan adanya pendampingan petani maka segala kendala yang dihadapi petani di lapangan akan di ketahui dgn melibatkan PPL dan Babinsa dan mencari solusi yang baik agar para petani cabe bisa mendapatkan hasil yang maksimal," ungkapnya.


Mbah Lasmo Selaku petani dan pemilik lahan cabe mengucapkan terima kasih kepada Babinsa yang sudah menyempatkan waktu untuk membantu dirinya,“Kami sebagai petani merasa sangat terbantu dengan hadirnya Babinsa disini. Semoga pada saat panen Cabe nanti mendapatkan hasil yang maksimal, sehingga program dapat mendukung  program Ketahanan pangan.” Tutupnya.

(Red)

TerPopuler