Kepala BBHAR Lamsel Merik Havit Konsisten Jalankan Program Dampingi Warga Penderita Katarak

Jumat, 21 Juli 2023

Kepala BBHAR Lamsel Merik Havit Konsisten Jalankan Program Dampingi Warga Penderita Katarak

Jumat, 21 Juli 2023,

 


LAMSEL, BONGKARSELATAN.COM - 

Dalam rangka membantu masyarakat dan mengadvokasi hak-hak rakyat, Badan Bantuan Hukum dan Advokasi Rakyat (BBHAR) DPC PDI Perjuangan Kabupaten Lampung Selatan memberikan pendampingan kepada warga Pulau Sebesi yang melakukan operasi mata (katarak). 


“Kita kembali  mendampingi warga dari Kecamatan Kalianda, Rajabasa yang akan melakukan operasi mata baik di tahapan pemeriksaan berkala maupun tindakan operasi lanjutan dan untuk operasi katarak telah dilaksanakan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr, H. Bob Bazar SKM. Kalianda pada Jum'at (21/7/23) ” jelas Kepala BBHAR DPC PDI Perjuangan Lampung Selatan Merik Havit, SH., MH.


"Sudah puluhan warga yang kita dampingi untuk mendapatkan pelayanan operasi katarak. Dan hari ini kita kembali mendampingi 7 orang, yaitu 2 orang warga Desa Tejang Pulau Sebesi, 3 orang warga dari Desa Sukaraja dan 2 orang warga dari Desa Cugung Kecamatan Rajabasa," imbuh Merik Havit.

Lanjut Merik Havit si Pengacara Wong Cilik, pendampingan yang dimaksud, yaitu mulai dari mengurusi adminitrasi dalam pendaftaran peserta BPJS, mengantar jemput untuk tahapan pemeriksan kesehatan berkala atau kontrol hingga selesai operasi hingga pulang ke rumah. Tujuan pendampingan ini dalam rangka membantu masyarakat yang kurang mampu atau pra sejahtera yang terkena katarak. 


“Selain kita melakukan pendampingan terhadap pasien katarak, program kami juga antar jemput yang sakit, yang sakit kami jemput dan yang sehat kami antar, ini lah salah satu bentuk kami dalam mengadvokasi hak-hak rakyat," ujar Merik Havit.


Masih kata Merik Havit, dengan adanya pendampingan terhadap warga yang terkena katarak ini, diharapkan dapat membantu warga tersebut serta memberikan semangat kepada warga yang melakukan operasi katarak. 


“Pendampingan ini sebagai bentuk kepedulian partai kami dan juga arahan dari dari Ketua DPC PDI Perjuangan Lampung Selatan Bapak. Hi. Nanang Ermanto agar jangan pernah lelah hadir ditengah-tengah rakyat, bantu rakyat carikan solusi, salah satunya juga terhadap warga yang terkena katarak,” ucapnya.


Seraya menambahkan, “Alhamdulillah kegiatan ini sudah kami lakukan dari tahun sebelumnya karena kegiatan pendampingan ini salah satu program kerja dari BBHAR Lamsel selain dari pendampingan hukum gratis. 

(Tms/Jhr)

TerPopuler