Merik Havit Dampingi Belasan Warga Lamsel Operasi Katarak

Sabtu, 13 Mei 2023

Merik Havit Dampingi Belasan Warga Lamsel Operasi Katarak

Sabtu, 13 Mei 2023,


LAMSEL (KALIANDA), BONGKARSELATAN.COM - Dalam rangka membantu masyarakat dan mengadvokasi hak-hak rakyat, Badan Bantuan Hukum dan Advokasi Rakyat (BBHAR) DPC PDI Perjuangan Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel) memberikan pendampingan bagi 14 orang warga yang melakukan operasi katarak mata. 


"Kita telah mendampingi 14 warga Kecamatan Rajabasa yang akan melakukan operasi katarak baik di tahapan pemeriksaan berkala maupun yang akan mendapatkan tindakan operasi dan untuk operasi katarak telah dilaksanakan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bob Bazar Kalianda pada hari Jum'at - Sabtu (12-13/5/23)," kata Kepala BBHAR DPC PDI Perjuangan Lampung Selatan Merik Havit, SH., MH.


Menurut Merik Havit, baru 5 warga yang telah mendapatkan pelayanan operasi katarak tersebut yaitu 1 orang warga Desa Canti, 2 orang warga dari Desa Sukaraja dan 2 orang warga dari Desa Cugung Kecamatan Rajabasa dan  9 orang lainnya baru akan mendapatkan tindakan operasi pada (9/6) bulan depan.

Lanjut Merik Havit si Pengacara Wong Cilik, pendampingan yang dimaksud, yaitu mulai dari mengurusi adminitrasi dalam pendaftaran peserta BPJS, mengantar jemput untuk tahapan pemeriksan kesehatan berkala atau kontrol hingga selesai operasi hingga pulang ke rumah. Tujuan pendampingan ini dalam rangka membantu masyarakat yang kurang mampu atau pra sejahtera yang terkena katarak. 


"Selain kita melakukan pendampingan terhadap pasien katarak, program kami juga antar jemput yang sakit, yang sakit kami jemput dan yang sehat kami antar, ini lah salah satu bentuk kami dalam mengadvokasi hak-hak rakyat," ujar Merik Havit.


Masih kata Merik Havit, dengan adanya pendampingan terhadap warga yang terkena katarak ini, diharapkan dapat membantu warga tersebut serta memberikan semangat kepada warga yang melakukan operasi katarak. 


“Pendampingan ini sebagai bentuk kepedulian partai kami dan juga arahan dari Ketua DPC PDI Perjuangan Lampung Selatan Bapak. Hi. Nanang Ermanto agar jangan pernah lelah hadir ditengah-tengah rakyat, bantu rakyat carikan solusi, salah satunya juga terhadap warga yang terkena katarak,” ucapnya.


Seraya menambahkan, “Alhamdulillah kegiatan ini sebelumnya sudah kami lakukan dari tahun tahun sebelumnya,” dan akan terus berjalan." Ucapnya.

(Dmp/Jhr)

TerPopuler