Berbagai Program Unik Desa Palembapang di Setiap Bulan Suci Ramadhan

Selasa, 18 April 2023

Berbagai Program Unik Desa Palembapang di Setiap Bulan Suci Ramadhan

Selasa, 18 April 2023,


LAMSEL, BONGKARSELATAN.COM -

Berbagai macam program unik di Desa Palembapang, Kecamatan Kalianda, Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel) pada saat Bulan Suci Ramadhan jadi sorotan para jurnalis khususnya yang ada di Lampung.


Desa Palembapang yang kental dengan khas Adat Budaya Lampung, terus menjaga sinergitas jajaran aparatur Pemerintah Desa dengan warga masyarakat untuk menciptakan Desa yang aman, nyaman, tertib serta menjaga nilai-nilai Kultur agar tetap lestari di Bumi Sai Bumi Khuwa Jukhai.

Berbagai program di Bulai Suci Ramadhan Desa Palembapang diantaranya Manah (Manjau Jamaah) keliling setiap masjid di setiap Dusun, Badan Zakat Infaq Sodaqah Desa (Bazisdes), rangkaian dari Niuh Syawal seperti Pawai Bedug, Bersih Bersama, hingga buka Posko Mudik, serta Program SIstem keAmanan warGA Dari Aparatur-Linmas di bulan pUasa (Siaga Dalu).


Dalam program keagamaan di Bulan Suci Ramadhan 1444 Hijriyah tahun 2023 ini, Desa Palembapang menghadirkan Ustadz-ustadz kondang yang ada Di Lampung Selatan diantaranya Ustadz Fahrudin, Ustadz Agus Afrizal, Spdi, hingga Ustadz Firman.

Perlu diketahui program-program tersebut merupakan cetusan dan inovasi semenjak jabatan Kepala Desa (Kades) Palembapang priode 2017 sampai 2023 yakni Hendryadi, SE, MM.


Kepala Desa Palembapang Hendryadi, SE, MM menjelaskan bahwa Program Siaga Dalu tersebut dilaksanakan secara rutin setiap tahunnya sebagai bentuk kewaspadaan Aparatur Pemerintahan Desa agar tetap nyaman, aman serta kondusif. 


"Biasanya di Bulan Suci Ramadhan Mulai dari H min 7 sampai H plus 7, jadi kita adakan pendataan warga yang Mudik maupun yang Balik, mayoritasnya dari mana di waktu Lebaran, nanti ketahuan berapa yang mudik, menambah atau menurun atau stagnan setiap tahunnya," jelas Kades Palembapang pada Sabtu malam (15/4) di Kediamannya.

Dirinya mengimbuhkan program Siaga Dalu tidak hanya aparatur dan Linmas Desa Palembapang saja yang ikut serta, bahkan Babinsa dan Bhabinkamtibmas ikut andil dalam kegiatan tersebut.


"Biasanya mulai jam 11 malam, kita menghimbau kepada masyarakat untuk menciptakan situasi yang aman dan kondusif, seperti kalau ada mobil yang lewat di jam 1 malam, apalagi khusus di Dusun 7, kita wajib memberhentikan kendaraan untuk menjaga hal yang tidak diinginkan," imbuh bang Hen.


Siaga Dalu Desa Palembapang perlu mendapat apresiasi, pasalnya selama program tersebut dijalankan, sudah dua kali menangkap kejadian pencurian kendaraan bermotor. 

Seperti semalam (17/4) sepulang dari acara Manah, Posko Siaga Dalu di Balai Desa, Kepala Desa berhasil sigap mendamaikan warganya yang terlibat kecelakaan di Dusun 5 dengan warga Kelurahan Way Urang setelah pengobatan ringan oleh perawat Desanya kepada korban kecelakaan.


Serta di akhir Ramadhan, Pemerintah Desa Palembapang gelar Bazisdes, yang diketuai PPN setempat untuk mengumpulkan infak khususnya dari setiap aparatur Desa ketika mendapatkan siltav atau insenstif Desa.


Badan ini juga termasuk ikut memperhatikan pengurus masjid dalam menerima dan menyalurkan zakat fitrah di penghujung ramadhan setiap tahunnya.

(Red)


TerPopuler