Tradisi 'Ngelop' Sambut Bulan Suci Ramadhan, Pantai Batu Rame Dipadati Pengunjung

Rabu, 22 Maret 2023

Tradisi 'Ngelop' Sambut Bulan Suci Ramadhan, Pantai Batu Rame Dipadati Pengunjung

Rabu, 22 Maret 2023,


LAMSEL, BONGKARSELATAN.COM - 

Dalam menyambut Bulan Suci Ramadhan 1444 Hijriyah, masyarakat Kalianda, Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel) padati pantai Batu Rame (Ketang), pada Rabu (22/3/2023).


Masyarakat sangat antusias dengan berbondong-bondong datang untuk sekedar berjalan santai sembari berkuliner, hingga menikmati panorama senja yang eksotis di Pesisir Pantai Batu Rame atau familiar dengan sebutan Ketang.


Dalam pantauan, ribuan pengunjung ikut meramaikan dalam menyambut Bulan Suci Ramadhan atau tradisi turun temurun yang biasa disebut dengan 'Ngelop'.


Salah seorang pengunjung, Mamad menerangkan, "saya sekeluarga datang ke pantai Batu Rame (Ketang) ini dalam acara ngelop, tradisi kita bang khususnya suku Lampung," terangnya saat dikonfirmasi Jurnalis bongkarselatan.com.

"Karena dengan mandi di pantai, sebelum menyambut Bulan Suci Ramadhan yang Ke 1444 Hijriyah ini, untuk membersihkan diri, bukan hanya membersihkan diri saja melainkan pemikiran yang negatif jadi supaya kita khusu' melaksanakan di Bulan Suci Ramadhan yang penuh berkah ini," tukasnya.


Ditempat yang sama, seorang pemuda yang aktif dan peduli terhadap pantai tersebut menjelaskan, "Alhamdulillah bang dengan akan menyambutnya Bulan Suci Ramadhan kita kebagian berkahnya juga," jelas Uli.


Uli juga mengimbuhkan, "dengan ramainya pengunjung hari ini, yang mencapai kurang lebih seribu pengunjung, dapat membantu untuk pemasukan pemuda di sekitar lingkungan Batu Rame (Ketang) ini bang, dengan kita adakannya parkir," imbuhnya.


Tak hanya kuliner, dengan ramainya pengunjung Pantai Batu Rame juga dapat meningkatkan pendapatan para pengurus pantai seperti adanya biaya parkir seikhlasnya.


"Ya kalau kita pemuda sini untuk biaya parkir kita cuma sekedar sukarela aja bang, yang penting ada pemasukan untuk kita dan nanti pendapatan hasil dari parkir juga kita menyisihkan untuk kas Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata)." Pungkasnya. 

(Ald/Mia/Red)

TerPopuler