Kepala SMPN 1 Way Panji Ajarkan Semangat Gotong Royong kepada Murid

Jumat, 27 Januari 2023

Kepala SMPN 1 Way Panji Ajarkan Semangat Gotong Royong kepada Murid

Jumat, 27 Januari 2023,

 


LAMSEL, BONGKARSELATAN.COM -

Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Way Panji mengadakan jum'at bersih. 


Gotong-royong merupakan nilai luhur nenek moyang yangkini mulai luntur. Tidak hanya diperkotaan atau pedesaan, semangat gotong-royong mulai tergerus zaman dan materialisme. 


Untuk menumbuhkan semangat gotong-royong itulah SMPN 1 WAY PANJI Kecamatan Way Panji Kabupaten Lampung Selatan, mengajak siswa siswinya untuk dapat mencintai alam dengan cara membersihkan lingkungan sekolah dan menanam tanaman obat, pada Jum'at (27/1/2023).


Kepala SMPN 1 Way Panji, Putu Suryaningsih mengajarkan kepada seluruh siswa dan siswinya untuk senantiasa menjaga kebersamaan, tingkatkan kekompakan dan rasa memiliki serta menumbuhkan budaya gotong royong, "sekolah ini adalah milik bersama jadi setiap Jum'at, sekolah rutin menjalankan program Jum'at bersih, Jum'at beriman, ataupun Jum'at seni di lingkungan sekolah," ungkapnya.

“Minimal setiap satu bulan sekali kami mengadakan kegiatan Jum'at bersih ataupun Jum'at beriman. Jum'at kali ini kita laksanakan di lingkungan sekolah.Kami juga menerapkan kurikulum merdeka dan mengambil salah satu profil Pancasila yaitu semangat bergotong royong,” lanjutnya.


Untuk diketahui, kurikulum merdeka telah diluncurkan Mendikburistek pada Februari 2022 lalu. Program ini  bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Dimana peserta didik memiliki waktu yang cukup untuk mendalami konsep dan penguatan kompetensi. 


Sedangkan profil pelajar Pancasila merupakan bagian dari kurikulum merdeka belajar yang bertujuan untuk membentuk pelajar Indonesia untuk menerapkan enam karakter kebangsaaan diantaranya mandiri, berpikir kritis, kreatif, semangat gotong royong, beriman kepada Tuhan dan berkebinekaan secara global.


“Kami mengajak seluruh guru dan ratusan siswa  untuk gotong royong bersama membersihkan Sekolah. Supaya kegiatan bersih-bersih lebih efektif, kami membagi kelompok." Tutupnya.

(*/fen/Red)

TerPopuler