Stand Dinas PMD Lamsel, Tempat Terfavorit Untuk Berselfie Ria Dalam Ajang Kalianda Expo 2022

Jumat, 18 November 2022

Stand Dinas PMD Lamsel, Tempat Terfavorit Untuk Berselfie Ria Dalam Ajang Kalianda Expo 2022

Jumat, 18 November 2022,

LAMSEL, BONGKARSELATAN.COM -

Dalam rangka memperingati dan perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Lampung Selatan (Lamsel) yang ke-66 yang diselenggarakan di lapangan Way Handak Expo, Kalianda, stand Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) menjadi tempat paling favorit untuk berselfie ria, Jum'at (18/11/2022).


Desain stand yang khas bergaya suasana Pedesaan, dengan nuansa kayu, bambu, ornamen kebung, tirai dan latar Desa-Desa Wisata (Desta), serta yang unik lagi, ada foto booth sepeda ontel pedesaan dengan disediakan topi caping khas pak tani, ada foto booth Bupati sedang menaiki motor trail dengan latar air terjun Way Tayas Sukaraja, Kecamatan Rajabasa, Lamsel.


Tak hanya masyarakat, Bupati, Sekda, Ibu Bupati dan Ibu Sekda pun, ikut menyempatkan mampir untuk berselfie ria di stand Dinas PMD tersebut.

Memang menurut Kadis PMD Lamsel, Erdiyansyah, SH, MM, dalam ajang Lamsel Fest 2022 Dinas PMD mengusung Nuansa Pedesaan.


"Stand PMD pada Lamsel Fest kali ini, mengusung nuansa pedesaan dan menampilkan inovasi, prestasi,  potensi Dinas PMD dan Desa-Desa di Lamsel, seperti 10 Desa Wisata, seperti Desa Kecapi, Sumur Kumbang, Way Ratu, dan beberapa Desa Lainnya," jelas Kadis.


Tersedianya brosur promosi paket-paket Desa Wisata dan gambar-gambar, kemudian tersedia juga nuansa Digitalisasi Desa Command Center Dinas PMD, Anjungan pelayanan mandiri Desa, Smart Village, ada model lumbung gizi Desa sebagai bagian dari gerakan Desa Swasembada gizi untuk menurunkan dan mencegah stunting.


"Kemudian juga ada juara III Teknologi Tepat Guna (TTG), alat kincir air hemat listrik produksi Bandar Agung, ada juga anjungan Smart Farming Desa Cinta Mulya penyiraman dan pemupukan tanaman menggunakan aplikasi android, disertai promosi tanam cabai bawang dipekarangan atau kebun untuk menekan inflasi," imbuh Erdiyansyah, SH, MM.


Selain Desta dan Digitalisasi Desa Command Center, Dinas PMD juga menyediakan produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Ekonomi Kreatif yang ada di Desa di Lamsel.


"Ada juga informasi capaian-capaian pembangunan Dana Desa, dan di stand PMD juga menggandeng NGO Paluma yang konsen terhadap promosi Desa Tangguh Ekonomi, cintai dan belanja di warung tetangga, tersedia produk-produk UMKM Desa binaan paluma yaitu Desa Suak, Sukaraja dan Kunjir, ada tepung pisang dan keripik kelapa Suak, kemplang Kunjir, kopi Sukaraja dan lain-lain," terang Kadis PMD Lamsel kepada jurnalis Bongkarselatan.com.


Kadis juga berharap dengan adanya kegiatan Lamsel Fest 2022 tersebut, dapat mewujudkan Lamsel yang semakin maju.


"Diharapkan pada Lampung Selatan Fest ini selain ajang promosi info-info Desa juga ada transaksi ekonomi Desa melalui Bumdes dengan Desa Wisata dan produk UMKM Desa, dengan slogan mulai dari Desa majukan Lamsel, HUT Lamsel ke-66 ini Lamsel semakin maju." Pungkas Bang Erdy sapaan akrabnya.


(Bst/Red)

TerPopuler