Relawan PMI Kabupaten Pasuruan Kumpulkan Bantuan untuk Korban Gempa Bumi Cianjur

Sabtu, 26 November 2022

Relawan PMI Kabupaten Pasuruan Kumpulkan Bantuan untuk Korban Gempa Bumi Cianjur

Sabtu, 26 November 2022,


JATIM, BONGKARSELATAN.COM -

Relawan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Pasuruan membuka donasi untuk korban gempa bumi Cianjur, Jawa Barat, yang terjadi beberapa waktu lalu, berkekuatan 5,6 maghnitudo dengan kedalaman 10 Km yang terjadi di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, pada hari Senin (21/11). 


Berdasarkan data dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) pertanggal 25 November 2022 Korban meninggal dunia berjumlah 310 jiwa.


Aksi penggalangan dana tersebut dilakukan oleh Tiga Pilar Utama PMI yaitu Pengurus, Staf dan Relawan, sebagai wujud kepedulian terhadap sesama serta berperan aktif dalam misi kemanusiaan. 


Penggalangan dana dilaksanakan mulai tanggal 24 sampai dengan 28 November 2022 bertempat di Markas PMI Kabupaten Pasuruan yaitu dengan membuka posko penggalangan dana untuk korban bencana gempa Cianjur.


Tenaga Sukarela (TSR) PMI Kabupaten Pasuruan, Suwandi menjelaskan bahwa kegiatan tersebut merupakan kegiatan rutin relawan dalam sosial kemanusiaan.


"Kegiatan kemanusiaan mengenai pengumpulan donasi dalam kebencaan rutin dilakukan oleh relawan. Sebelumnya kami juga membuka donasi untuk masyarakat yang terdampak letusan Gunung Semeru," jelas Suwandi, Sabtu (26/11/2022).


Suwandi menambahkan, "Dalam sela mengabdikan diri saya sebagai guru maupun dari rekan-rekan KSR maupun TSR yang lainnya yang mempunyai kesibukan sendiri-sendiri, tetapi kami terus melaksanakan misi kemanusiaan sebagai upaya untuk memberikan dukungan moril maupun materil kepada masyarakat yang terdampak bencana alam gempa bumi di Cianjur, Jawa Barat," tambah Suwandi.


Pengurus PMI Kabupaten Pasuruan bidang Penanggulangan Bencana, Kholidi juga memaparkan harapan untuk memperluas gerakan menebar kebaikan.


"PMI Kabupaten Pasuruan yang juga merupakan organisasi kemanusiaan ikut serta untuk meringankan korban gempa bumi, sasaran dari galang dana untuk masyarakat umum Kabupaten Pasuruan dengan harapan bisa memperluas gerakan menebar kebaikan," papar Kholidi.


Kegiatan serupa juga dilaksanakan oleh Palang Merah Remaja (PMR) MTsN 2 Pasuruan, melaksanakan kegiatan donasi untuk korban bencana alam gempa bumi yaitu dengan melaksanakan kegiatan kemanusiaan dengan menjual snack serta minuman kepada masyarakat umum di wilayah Masjid Ceng Ho, dan Pasar Pandaan didonasikan kepada korban gempa bumi Cianjur Jawa Barat. Donasi yang dikumpulkan sebanyak Rp. 670.000,- dan diserahkan secara langsung ke PMI Kabupaten Pasuruan.


Donasi bantuan untuk korban bencana alam gempa bumi Cianjur, Jawa Barat di PMI Kabupaten Pasuruan mulai tanggal 24-26 November 2022 dan total sudah terkumpul sebanyak Rp. 6.095.000,-.


PMI Kabupaten Pasuruan terus membuka donasi untuk korban bencana gempa bumi Cianjur, penyaluran bantuan berupa uang tunai dapat disalurkan oleh masyarakat melalui Markas PMI Kabupaten Pasuruan di Jalan Tongkol No.37b Dermo, Kecamatan Bangil, Kabupaten Pasuruan. 


Sebagai ucapan terimakasih juga transparansi PMI Kabupaten Pasuruan akan memberikan informasi akhir donasi bantuan korban gempa bumi Cianjur, Jawa Barat ke media sosial PMI Kabupaten Pasuruan.

(Bst/Red)

TerPopuler