Musrenbangdes Hara Banjar Manis Prioritaskan Pembangunan Fisik di RKPDes T.A 2023

Selasa, 29 November 2022

Musrenbangdes Hara Banjar Manis Prioritaskan Pembangunan Fisik di RKPDes T.A 2023

Selasa, 29 November 2022,

LAMSEL, BONGKARSELATAN.COM -

Pemerintahan Desa (Pemdes) Hara Banjar Manis, helat Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Musrenbangdes) dalam menyusun dan penetapan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) tahun anggaran 2023 yang dilaksanakan di Balai Desa Hara Banjar Manis, Kecamatan Kalianda, Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel), Selasa (29/11/2022).


Acara tersebut dihadiri oleh Camat Kalianda Zaidan, SE, Kepala Desa Hara Banjar Manis Syahruddin, Sekretaris Desa (Sekdes) Okta Yopiansyah, Babinsa Serda Wawan Setiawan, Bhabinkamtibmas Aipda Ummul Ulya, Kupt Perikanan Maria, Kupt PLKB Mala, Puskesmas Way Urang Yulyana, Pendamping Desa, BPD, LPM, Tim Penggerak PKK, Aparatur Desa, serta tokoh masyarakat setempat.


Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi telah menyampaikan prioritas penggunaan Dana Desa Tahun 2023, yang diatur dalam Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2022 Tentang Prioritas Dana Desa Tahun 2023.


Didalam Permendes tersebut menjelaskan bahwa skala prioritas pembangunan Desa diantaranya, Pemulihan ekonomi nasional, Program prioritas nasional, serta mitigasi dan penanganan bencana alam dan non alam sesuai kewenangan Desa.

 

Kepala Desa Hara Banjar Manis Syahruddin, menjelaskan bahwa kegiatan tersebut adalah Musrenbangdes T.A 2023 yang di susun melalui RKPDes yang memprioritaskan pembangunan fisik.


"Skala prioritas di Musrenbangdes tahun anggaran 2023 ini adalah pembangunan fisik, diantaranya pembangunan rabat beton di jalan Dusun Desa Hara Banjar Manis," jelasin Kades Hara Banjar Manis kepada Media.


Kades berharap kepada masyarakat untuk terus mensupport pembangunan yang dilaksanakan oleh Pemerintahan Desa menuju Hara Banjar Manis yang lebih maju dan lebih baik lagi.


"Ketika nanti pelaksanaan pembangunan di 2023 tersebut, saya harapkan masyarakat untuk tidak mengintimidasi atau terus mensupport pembangunan untuk menuju Desa Hara Banjar Manis yang lebih baik lagi," papar Syahruddin.


Dalam kesempatan yang sama, Camat Kalianda mengungkapkan, untuk tahun 2023 masih akan ada penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) maksimal 25 persen.


"Untuk 2023 BLT-DD imbas Covid-19 sudah tidak ada lagi, tetapi BLT masih ada namanya BLT Ekstrim maksimal 25 persen, dengan kriteria warga yang cacat permanen, lansia tinggal dirumah sendiri, sakit yang menahun, serta yang memang benar-benar miskin ekstrim," ungkap Camat Kalianda.

Camat Kalianda juga memaparkan bahwa sebelum adanya Musrenbangdes sudah dilaksanakan terlebih dahulu yaitu Musyawarah Dusun (Musdus) dan Musyawarah Desa (Musdes).


"Melalui Musrenbang ini adalah untuk merencanakan pembangunan Desa tahun 2023, yang sebelumnya sudah dilaksanakan Musdus, Musdes, dan Musrenbangdes." Tukas Camat Kalianda Zaidan, SE.


Serta di akhir acara Sekdes Hara Banjar Manis Okta Yopiansyah memaparkan RKPDes, usulan dari setiap Dusun yang ada di Desa Hara Banjar Manis untuk pembangunan T.A 2023.

(Bst)












TerPopuler