Bupati Nanang Ermanto Hadiri Upacara Keagamaan Umat Sedharma

Minggu, 28 Agustus 2022

Bupati Nanang Ermanto Hadiri Upacara Keagamaan Umat Sedharma

Minggu, 28 Agustus 2022,



WAY PANJI, BONGKARSELATAN.COM – Sebanyak 220 umat sedharma mengikuti upacara keagamaan yang berlangsung di Dusun Bali Sidoagung, Desa Sidoharjo, Kecamatan Way Panji, pada Minggu sore (28/8/2022).

Wakil Ketua Panitia Upacara Wayan Suadi mengungkapkan, acara upacara keagamaan tersebut terdiri dari upacara Pitra Yadnya (Ngaben Massal) sebanyak 63 peserta. Kemudian, Upacara Penyucian Melukat sebanyak 46 peserta dan Upacara Metatah (potong gigi) sebanyak 111 peserta.

Dirinya menyebut, total 220 peserta upacara keagamaan itu berasal dari dalam dan luar daerah Lampung Selatan. Dalam daerah yaitu, Desa Sidoharjo, Desa Patok 100 dan Desa Napal. Sedangkan, luar Lampung Selatan yaitu berasal dari Way Kanan, Sumatera Selatan, Jambi dan Riau.

“Bagi kami masyarakat Desa Sidoharjo, pak Bupati adalah raja kami di Lampung Selatan. Perlu diketahui bersama, hari ini adalah puncak acaranya, besok hanyalah pembakarannya saja. Makanya dengan situasi yang seperti ini, kami mengharapkan kehadiran dari bapak ibu, terutama bapak Bupati Lampung Selatan,” ungkapnya.

Sementara, Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto sangat mengapresiasi atas terselenggaranya upacara Ngaben di Desa Sidoharjo, dirinya berharap keberadaan tradisi keagamaan tersebut dapat terus terjaga dan lestari.

Mengingat, Upacara Keagamaan tersebut selalu diselenggarakan secara rutin oleh umat sedharma di Lampung Selatan di setiap tahunnya.

“Saya selaku pemerintah daerah mengapresiasi Upacara Ngaben yang dilaksanakan setiap tahunnya. Ini adalah warisan leluhur yang perlu kita jaga dan lestarikan. Ini luar biasa, tadi saya juga bangga melihat tarian sigeh pengunten umat sedharna diiringi oleh gamelan gambangÂ, ini luar biasa, kolaborasi yang baik,” kata Nanang.

Nanang juga mengimbau kepada seluruh umat Sedharma yang mengikuti dan menghadiri acara tersebut, untuk selalu menjaga situasi Lampung Selatan agar tetap berada di PPKM Level 1.

Adapun, cara yang dapat dilakukan untuk mencapai hal tersebut yaitu dengan tetap disiplin protokol kesehatan COVID-19, serta melaksanakan vaksinasi dosis 1, 2 dan 3.“Selama 2 tahun lebih kita tidak bisa melaksanakan kegiatan tradisi budaya Upacara Ngaben, karena situasi dan kondisi yang diakibatkan oleh pandemi COVID-19. Saat ini kondisi wilayah kita berada pada PPKM Level 1, oleh karena itu, saya minta jaga terus protokol kesehatan, segera vaksin 1, 2 dan 3,” ujarnya. (ptm).

TerPopuler