BNNK Lamsel Terus Gencarkan Pengembangan Kepasitas Melalui Workshop Penggiat P4GN Desa Bersinar

Kamis, 11 Agustus 2022

BNNK Lamsel Terus Gencarkan Pengembangan Kepasitas Melalui Workshop Penggiat P4GN Desa Bersinar

Kamis, 11 Agustus 2022,

LAMSEL (KALIANDA), BONGKARSELATAN COM- Badan Narkotika Nasional Kabupaten Lampung Selatan (BNNKLS) terus gencar melaksanakan program pengembangan kapasitas ketahanan keluarga anti narkoba dalam kegiatan workshop penggiat Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) kepada tiga Desa Bersinar.


Acara tersebut dihadiri oleh 20 peserta dari tiga Desa Bersih Narkoba (Bersinar) yakni Desa Tajimalela, Pasuruan, dan Bakauheni yang di helat di Negeri Baru Resort (NBR) Kecamatan Kalianda, kabupaten Lampung Selatan (Lamsel). Kamis (11/8/2022).


Kegiatan ini merupakan bentuk program BNNK Lamsel dalam menjalankan Program P4GN melalui  anti narkoba, kepada seluruh masyarakat khususnya tiga Desa Bersinar di wilayah Kabupaten Lamsel.


Kepala BNNKLS, AKBP. Ikhlas ,S.P,M.H., memaparkan terkait peraturan perundangan tentang narkotika.


"Dengan Intruksi Presiden Nomor 6 tahun 1971, INPRES Nomor 2 Tahun 2020, UU No.9 Th.1976 Tentang Narkotika, UU No. 5 Th.1997 Tentang Psikotropika, UU No. 22 Th.1997 Tentang Narkotika, UU No. 35 Th 2009 Tentang Narkotika , dan Permendagri nomor 12 tahun 2019, Serta Perbup No 29 tahun 2020," paparnya.


Dirinya berharap dengan di bentuknya Desa Bersinar Lamsel akan bersih dari Narkoba mulai dari diri sendiri, keluarga, serta lingkungan sekitar.


"Mari kita bersama sama rapatkan barisan untuk menekan Peredaran dan Penyalahgunaan Narkotika mulai dari diri sendiri, keluarga, minimal mencegah keluarga kita dari Narkotika, Lingkungan, dan Desa, Sehingga Lampung Selatan bisa Bersih dari Narkoba," ujarnya.

Sub Koordinator BNNKLS Sumarman, SE., MM mengharapkan kepada seluruh peserta untuk melaporkan jika ada kasus penyalahgunaan narkoba ke BNN Kabupaten Lamsel.


"Jika ada kasus penyalahgunaaan Narkoba di sekitar kita, silahkan berkoordinasi dengan BNNKLS, untuk tindak lanjut ke BNN Provinsi, dan yang sudah jadi pecandu untuk di laporkan serta di rehabilitasi untuk penyembuhan," paparnya.


"Jika kecanduan masih bisa di sembuhkan, tapi jika Susunan syaraf sudah rusak maka otak akan rusak secara permanen,"


Dirinya juga menjelaskan bahwa Indonesia sudah dalam keadaan yang darurat dan nyatakan perang dengan narkoba.


"Indonesia sudah darurat narkoba, termasuk Lamsel, barang bukti yang berhasil di ungkap Kapolri tahun 2021 sebanyak 88 trilliun," jelas Sumarman.


Ada ribuan jenis narkoba yang ada di dunia, dan yang masuk ke Indonesia sudah 87 NPS termasuk Lamsel.


"1079 NPS yang beredar di Dunia, dan 87 NPS yang masuk ke Indonesia termasuk di Lampung Selatan,"


Dia juga menjelaskan betapa bahayanya Narkotika, sehingga masyarakat bisa berani tolak, berani rehab, dan berani lapor.



"Masyarakat harus berani tolak, berani rehab, dan berani lapor. Dan dalam rehabilitasi kita siapkan rehab gratis, tidak dipidana, serta identitas di rahasiakan," jelasnya.


Tujuan dalam workshop penggiat P4GN ini untuk memegang teguh prinsip sukarela.


"Tujuannya untuk menjadi penggiat dengan sukarela, karena ini adalah kegiatan sosial, dengan memegang teguh prinsip, ikhlas, kerja keras, kerja cerdas, integritas, dan kerja tuntas. Sehingga Desa Bersinar akan benar-benar bersih dari narkoba." Tukasnya.

(Bst)

TerPopuler