Pangeran Legun Sematkan Kikat Hanuang Bani ke Merik Havit

Selasa, 26 Juli 2022

Pangeran Legun Sematkan Kikat Hanuang Bani ke Merik Havit

Selasa, 26 Juli 2022,


LAMSEL (KALIANDA), BONGKARSELATAN.COM - Kepala Badan Bantuan Hukum dan Advokasi Rakyat (BBHAR) PDI Perjuangan Kabupaten Lampung Selatan Merik Havit, SH., MH., atau Pengacara Wong Cilik disematkan kikat Hanuang Bani oleh Pangikhan Tihang Marga Legun Azhar Marzuki, di Lamban Balak Marga Legun Desa Kesugihan, Kecamatan Kalianda, Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel) Selasa, (26/07/2022).


Sebelum prosesi penyematan tikat, Pangikhan Tihang Marga Legun Azhar Marzuki, menjelaskan bahwa Marga Legun itu ada tiga pemegang budaya lokal salah satunya disini, yakni saya sendiri kemudian di Way Urang  Pangkhan Sangun Khatu Ya Bandakh dan Tjindakh Bumi dan ketiganya ini adalah saudara. 


Pertemuan kita hari ini tidak berbicara tentang politik atau kepartaian tidak berbicara merah, kuning atau hijau tetapi bagaimana pelestarian adat bisa terus berjalan, salah satunya dengan penyematan kikat Hanuang Bani ini, kepada nakanda, Merik Havit bentuk kehangguman, agar nakanda merik bisa lebih mengenal dan dapat melestarikan nilai-nilai luhur dari adat Marga Legun, ucap Azhar Marzuki yang biasa di sapa Atin Legun.


Karena sejak dulu saya mengetahui kalau nakanda Merik mempunyai keberanian untuk membantu orang yang membutuhkan bantuan, apalagi sekarang beliau sudah banyak kegiatan-kegiatan sosial dan bantuan hukum gratisnya, maka dari itu saya akan sematkan Kikat Hanuang Bani yang menunjukan keberanian, ucap Atin Legun.


Ditempat yang sama, Merik Havit yang akrab di sapa Pengacara Wong Cilik mengucapkan banyak terimaksih atas undangan dan sambutan Pangikhan Tihang Marga Legun Azhar Marzuki atau Atin Legun beserta para punggawanya. "Tak lupa juga saya mendo'akan wabil khusus kepada among dan tamong yang sudah mendahului kita karena saya dulu sempat bertemu dengan mereka dan mereka orang yang baik," imbuhnya.


"Ini adalah hal yang istimewa bagi saya di undang dengan niat yang baik, artinya nanti kedepannya setelah saya di sematkan kikat itu bukan hanya sekedar  seremonial penyematan Kikat tetapi bagaimana saya nantinya ikut serta dan mendukung kegiatan dalam melestarikan adat budaya Lampung," Tegas Merik.


Merik pun mengamini bahwa disini tidak ada kaitannya dengan politik tapi bagaimana saya seorang pemuda yang memang harus belajar banyak tentang adat istiadat..


Acara dilanjutkan dengan penyematan Kikat secara simbolis yang disematkan langsung oleh Pangikhan Tihang Marga Legun, Azhar Marzuki.

(Jhr/Alf)

TerPopuler