Hardiknas Tahun 2022, Kabid Dikdas Lamsel : Kita Peringati Dengan Penuh Semangat dan Kekhidmatan

Jumat, 13 Mei 2022

Hardiknas Tahun 2022, Kabid Dikdas Lamsel : Kita Peringati Dengan Penuh Semangat dan Kekhidmatan

Jumat, 13 Mei 2022,


LAMSEL (Kalianda), Bongkarselatan.com -Dinas Pendidikan Kabupaten Lampung Selatan memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) di Lapangan depan Kantor Dinas Bupati Lampung Selatan, Jum'at (13/05/2022)


Pemerintah Negara Republik Indonesia (RI) menetapkan 2 Mei sebagai Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) yang merupakan hari kelahiran pelopor Pendidikan yakni Ki Hadjar Dewantara didapuk sebagai Pahlawan Nasional dan Bapak Pendidikan Nasional.


Pasalnya, perkembangan Pendidikan di Indonesia sangat erat dengan perjuangan Ki Hadjar Dewantara sebagai perintis Pendidikan bagi kaum pribumi di era penjajahan Belanda.


Oleh karena itu, sejarah Hari Pendidikan Nasional juga menjadi sejarah Ki Hadjar Dewantara dalam memperjuangkan Pendidikan Rakyat Indonesia.


Diketahui sejarah dari perjuangan dunia pendidikan yakni Ki Hadjar Dewantara lahir di Pakualaman, Yogyakarta, pada tanggal 2 Mei 1889 dan bernama asli Raden Mas Soewardi Soerjaningrat mengenyam Pendidikan pada era Hindia Belanda.


Nurhasanah, S.Pd, MM, Selaku Kepala Bidang Pendidikan Dasar (Kabid Dikdas) saat di temui awak Media Bongkarselatan.com memaparkan,terkait kegiatan Dinas Pendidikan pada hari ini memperingati Hari Pendidikan Nasional di tahun 2022.

 

Sesuai dengan Surat Keputusan kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) Republik Indonesia, bukan tanpa sebab, dalam poin pertama pedoman Peringatan Hari Pendidikan Nasional tahun 2022 yang dikeluarkan Kemendikbudristek tertera, Sehubungan dengan Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriyah dan cuti bersama tahun 2022," paparnya


"Sehingga Dinas Pendidikan Lampung Selatan menyelenggarakan Upacara Bendera Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2022 pada tanggal 13 Mei 2022 pukul 08.00 wib secara tatap muka terbatas, minimalis, menerapkan protokol kesehatan dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19 yang telah ditetapkan oleh Pemerintah tanpa mengurangi makna, semangat dan kekhidmatan acara," jelasnya


Ia juga menambahkan, tentang juknis dari Kementrian harus memakai pakaian adat dimasing - masing daerah .


"Dan pada hari ini kita tunjukkan bahwa kita bisa melaksanakan acara peringatan Hari Pendidikan Nasional dengan tatap muka. harapan kami kedepannya agar Pendidikan di Indonesia menjadi lebih baik lagi, khususnya di Lampung Selatan." tutupnya


( Bustami )

TerPopuler