Musrenbangdes Kekiling, Tahun 2024 Akan Prioritaskan Jalan Usaha Tani dan Penanggulangan Bencana

Kamis, 26 Oktober 2023

Musrenbangdes Kekiling, Tahun 2024 Akan Prioritaskan Jalan Usaha Tani dan Penanggulangan Bencana

Kamis, 26 Oktober 2023,


LAMSEL, BONGKARSELATAN.COM -

Musrenbangdes adalah salah satu proses partisipatif dalam penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) yang dilaksanakan oleh Pemdes bersama dengan masyarakat, yang merupakan penjabaran dari Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes) selama 1 (satu) tahun kedepan.


Seperti halnya yang dilakukan oleh Pemerintah Desa (Pemdes) Kekiling Kecamatan Penengahan Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel), menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Musrenbangdes) tahun anggaran 2024, yang dihelat di Balai Desa setempat, pada Kamis (26/10/2023).

Hadir di acara tersebut Sekretaris Camat (Sekcam) Penengahan Hermawan, SH, MM, Kepala Desa Kekiling Andi Saputra, Kepala KUA Penengahan, Ka. UPT Puskesmas RI, Ka. UPT Keswan, Ka. UPT PKB/PU, Korluh Dalduk KB, Penyuluh Perikanan, Korluh Pertanian, Kasubbag UPT Pajak. PPN, BPD, LPM, Pendamping Desa, seluruh Aparatur Desa, juga Kepala Dusun (Kadus) Desa Kekiling, serta seluruh para undangan yang hadir. 


Sekretaris Camat (Sekcam) Penengahan Hermawan, SH, MM, dalam sambutannya mengatakan, " Selain menentukan prioritas yang masuk dalam RKPDes Tahun 2023, Musrenbang Desa juga menyepakati program-program tahun anggaran 2024, yang akan diajukan ke tingkat kabupaten. Program atau usulan yang diajukan ke tingkat kabupaten ini lebih dikenal dengan istilah Daftar Usulan Rencana Kegiatan (DURK). Program yang diusulkan adalah program-program yang tidak dapat didanai oleh APBDes karena bukan menjadi kewenangan desa melainkan kewenangan kabupaten. " Ungkapnya.


Sesuai dengan amanat Pemerintah lanjut Hermawan, "bahwa pembangunan yang direncanakan dan dilaksanakan, bukan melulu masalah pembangunan fisik tetapi juga harus meliputi masalah pemberdayaan masyarakat. Dimana sektor ini menjadi sangat krusial untuk diperhatikan dan diprioritaskan agar masyarakat sedikit demi sedikit, setahap demi setahap mampu memberdayakan dirinya sendiri untuk memenuhi kebutuhan primer (dasar) dan kebutuhan sekunder, " Terangnya. 

Masih kata Sekcam, "sehingga diharapkan tingkat kesejahteraan masyarakat akan semakin naik. Dan semoga dengan dilaksanakannya musrenbang desa ini, pembangunan desa akan semakin terarah serta tepat sasaran demi terwujudnya desa maju," Pungkas Sekcam Hermawan SH, MM. 


Di tempat yang sama Kades Kekiling Andi Saputra, yang diwakilkan oleh kasi Perencanaan Dayatulloh, saat di wawancara Pewarta usai acara musrenbangdes mengungkapkan, “untuk rencana pembangunan di tahun 2024, ada beberapa hal yang ingin kita prioritaskan, terutamanya jalan usaha tani, yaitu pembukaan jalan usaha tani dan onderlah, yang kedua penanggulangan bencana yaitu mengatasi kebanjiran didusun 02, Rt 04 sampai dengan Rt 07. "Paparnya.


Sambungnya, "Dan ada juga untuk pemberdayaan, seperti bimtek bahasanya yaitu para regal, yang isinya bantuan hukum dari Polres untuk kepala desa, Insentif BPD, Pemerintah Desa seperti Kadus, Rt, Limas, para kader Posyandu dan yang lain-lainnya.Tetapi untuk unggulan prioritas kita garis besarnya ada di sektor pertanian, dan itu juga kita akan melihat dulu anggaran dari Pusat yang turun berapa persen. Harapan kita semua bisa terlaksana dan terealisasi dengan baik.” Tukas Dayatulloh kepada Pewarta. 


(Ish)

TerPopuler