Kreatif, KUPS Desa Tanjung Gading Sulap Buah Pisang Jantan Menjadi Tepung Yang Siap Saji.

Minggu, 29 Oktober 2023

Kreatif, KUPS Desa Tanjung Gading Sulap Buah Pisang Jantan Menjadi Tepung Yang Siap Saji.

Minggu, 29 Oktober 2023,

LAMSEL, BONGAKARSELATAN.COM - Kelompok Usaha Perhutanan Sosial (KUPS) Nyanik Jejama, Desa Tanjung Gading, Kecamatan Rajabasa, kabupaten Lampung Selatan, (Lamsel) Mengolah buah Pisang Jantan menjadi Tepung Pisang di kediaman Ali Nurdin (Kades-red) Sabtu, (28/10/2023).


Kelompok Usaha Perhutanan Sosial (KUPS) yang di beri nama Nyanik Jejama, itu telah berhasil menjalankan kegiatan pengolahan salah satu komoditas hasil kebun yaitu pisang Jantan menjadi produk tepung pisang. 


Di ketahui Rokiyah sebagai ketua KUPS Nyanik Jejama, Desa Tanjung Gading saat di wawancara oleh Pewarta di lokasi menyampaikan cara pengolahan pisang Jantan menjadi Tepung," Pertama-tama, Buah pisang jantan mentah di kupas dulu, setelah dikupas, lalu di cuci sampai bersih, setelah bersih di iris tipis-tipis dan kemudian kita jemur sampai kering.




Setelah kering kita giling menjadi tepung kemudian diayak sampai halus baru kita kemas, " Papar Rokiyah ketua KUPS nyanik Jejama, kepada Pewarta.


Rokiyah juga mengatakan kepada Pewarta tentang permasalahan produk tepung pisang yang di produksi secara sederhana oleh Kelompok Usaha Perhutanan Sosial, Nyanik Jejama tersebut, Kami disini belum memiliki mesin penggiling yang layak untuk dapat meningkatkan nilai jual produk.



"Selain itu juga pemasaran produk tepung pisang ini masih dilakukan secara sederhana dari antar Desa sehingga area pemasaran dan tingkat pengenalan produk tepung pisang ini kepada calon konsumen juga sangat terbatas hanya menunggu pesanan dari calon konsumen saja, ” Terang Rokiyah 


Di akhir wawancara, Ketua KUPS Rokiyah berharap kepada Pemerintah, baik itu dari Pemerintah Kabupaten, ataupun Dinas terkait agar bisa mendukung dan membantu, baik didalam pemasaran, ataupun alat-alat berupa mesin. Agar supaya semua usaha yang mereka tekunin itu, akan bisa lebih berkembang dan lebih maju lagi. " Harapannya. 


(Ish)

TerPopuler