Pasuruan Expo Berlangsung Meriah, Seni Wayang Kulit Dalam Hari Jadi ke-90

Kamis, 24 Agustus 2023

Pasuruan Expo Berlangsung Meriah, Seni Wayang Kulit Dalam Hari Jadi ke-90

Kamis, 24 Agustus 2023,


LAMSEL, BONGKARSELATAN.COM -

Pemerintahan Desa (Pemdes) Pasuruan, Kecamatan Penengahan, Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel), helat hari jadi Desa yang ke-90, yang bertepatan dengan perayaan malam puncak Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke-78.


Acara tersebut dihadiri langsung oleh Bupati Lamsel, Forkopimda Lamsel, Camat Penengahan Jaelani, S.STP, MH, Forkopimcam Penengahan, Kepala Desa Pasuruan Sumali, Kapolsek Penengahan yang diwakili oleh Kanit Binmas Aiptu Nurkholis, Kepala Desa se-Kecamatan Penengahan, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, serta ribuan masyarakat setempat, yang digelar di halaman Balai Desa, pada Rabu malam (23/8/2023).




Dalam sambutannya, Kades Pasuruan Sumali mengungkapkan,, "Acara ini merupakan dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 78 sekaligus memperingati hari jadinya Desa Pasuruan yang ke-90," ungkapnya.


Lanjutnya, "oleh karenanya sekali lagi atas kehadirannya kami ucapkan terima kasih yang tak terhingga, kami tidak bisa membalas jasa baik Bapak Ibu semuanya oleh karenanya mudah-mudahan segala langkah kaki Bapak Ibu menuju tempat ini dinilai ibadah oleh Allah subhanahu wa ta'ala," imbuh Kades Pasuruan.

Dirinya menambahkan, "selanjutnya kami mengucapkan terima kasih kepada panitia yang sudah bekerja mempersiapkan pegelaran acara yang kita mulai sejak tanggal 8 Agustus sampai kita tutup pada malam hari ini dengan pagelaran wayang kulit berjalan dengan lancar oleh karenanya saya ucapkan terima kasih kepada seluruh panitia dan juga saya ucapkan terima kasih kepada seluruh Kepala Dusun dan juga seluruh warga Desa Pasuruan yang sudah bekerjasama bergotong-royong membuat satu acara sehingga terwujudlah acara pada malam hari ini," tambahnya lagi.


Masih kata Sumali, "dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-78 dan juga hari ulang tahun Desa Pasuruan yang ke-90, tentunya dengan kegiatan-kegiatan yang kami mengadopsi kegiatan-kegiatan yang ada di Kabupaten Lampung Selatan yang memang itu adalah dimunculkan oleh beliau Bapak Bupati kita Haji Nanang Hermanto, mudah-mudahan beliau senantiasa diberikan kesehatan dan terus mampu untuk menjalankan tugasnya memimpin masyarakat dan warga Lampung Selatan," terangnya.

Dirinya juga memaparkan, "diantaranya lomba sepak bola, lomba bola voli dari olahraganya, kemudian kami juga mengadakan jalan sehat, lomba kebersihan Dusun dan juga Lomba stand UMKM lomba tumpeng dan malam hari ini puncaknya, tadi pagi dari kita mengadakan pentas seni di mana setiap Dusun memunculkan kesenian-kesenian baik kesenian modern maupun kesenian tradisional dan malam hari ini kita tutup dengan pagelaran wayang kulit yang kami langsung mengundang Dalang dari Yogyakarta," papar Kades Pasuruan.

Sumali berharap, "dan UMKM dari seluruh warga Pasuruan mengirim hasil kreasinya, karena memang selama ini kalau Desa yang mengadakan ikut di Kecamatan mereka hanya mengirim sebagian-bagian saja, maka pada hari ini mereka bisa muncul dari Dusunnya masing-masing dari sumbernya masing-masing. Alhamdulillah mereka antusias dan hal ini saya sampaikan kepada mereka semua ini adalah demi untuk memajukan dan demi kemajuan Desa Pasuruan. Desa Pasuruan ditopang oleh 8 tiang di mana tiang itu adalah Dusun-Dusun jadi 8 tiang yang kuat, sudah tentu bisa akan menopang Desa Pasuruan menjadi kuat, sehingga harapannya di ulang tahun yang ke-90 ini kami berharap Desa Pasuruan ke depan bisa lebih maju bisa lebih meningkat lagi sehingga bisa bersaing dengan Desa-Desa lain dan bisa muncul di tingkat-tingkat yang lebih tinggi tentunya," harapnya.

"Saya ucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada Bapak Bupati dan seluruh rombongan juga kepada seluruh undangan yang hadir dan warga desa Pasuruan khususnya yang sudah mendukung kegiatan ini kepada para pengusaha ataupun kepada Dermawan yang sudah ikut membantu kami ucapkan terima kasih." Pungkas Sumali.

(Red)

TerPopuler