Dewan Juri Adwi Siap Sambut Kedatangan Kemenparekraf RI di Pantai Minang Rua

Jumat, 26 Mei 2023

Dewan Juri Adwi Siap Sambut Kedatangan Kemenparekraf RI di Pantai Minang Rua

Jumat, 26 Mei 2023,


LAMSEL, BONGKARSELATAN.COM -

Dewan Juri Anugerah Desa Wisata Indonesia (Adwi) helat sosialisasi kapasitas masyarakat Destinasi Wisata dalam rangka menyambut kedatangan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Kemenparekraf RI) Dr. H. Sandiaga Salahuddin Uno, B.B.A., M.B.A, yang dijadwalkan besok Sabtu (27/5) di Pantai Minang Rua, Desa Kelawi, Kecamatan Bakauheni, Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel), pada Jum'at (26/5/2023).


Hadir dalam acara tersebut dihadiri langsung oleh Ketua juri dan ketua umum Ikatan Cendikiawan Pariwisata Indonesia (ICPI) Prof. Azril Azahari Ph.D, Anggota juri Adwi dan seoarang jurnalis senior dan penulis/Redaktur Eksekutif Inventif.id, Putu Ayu Anggeni, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Lampung Edarwan, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Lamsel M.Darmawan, Kepala Desa Kelawi Bahtiar Ibrahim, Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) dan masyarakat pengelola wisata Pantai Minang Rua, Desa Kelawi, Kecamatan Bakauheni, Lamsel.

Kedatangan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Kemenparekraf RI) Dr. H. Sandiaga Salahuddin Uno, B.B.A., M.B.A, atau sering disebut Sandiaga Uno tersebut di Pantai Minang Rua, Desa Kelawi, Kecamatan Bakauheni dalam rangka kunjungan dan penilaian 75 Besar Desa Wisata yang ada di Indonesia.


Dalam acara sosialisasi dan persiapan dalam menyambut Kemenparekraf RI Sandiaga Uno tersebut, Ketua juri Adwi Prof. Azril Azahari Ph.D, menjelaskan, "kami hadir di Pantai Minang Rua dalam rangka menilai Desa Wisata ada 75 Desa Wisata yang lolos dan lulus untuk dikunjungi oleh pak Mentri, kami sebagai Dewan Juri harus menilai lebih dahulu. Dan sekarang ini persiapan untuk kedatangan mas Mentri kita atau abang Mentri kita, itu besok," jelasnya.

Lanjutnya, "dan Kita do'akan saya mudah-mudahan dari 75 Desa Wisata itu, diantaranya Destinasi Minang Rua ini bisa mendapatkan juaranya, dan juga kedua adalah bukan hanya juara di Provinsi Lampung tapi di Nusa Tenggara di Indonesia dan juga barangkali mungkin tentu di Nusantara dan di Dunia," terang Prof. Azril Azahari Ph.D, yang juga menjabat Dewan Pembina Yayasan Trisaksi.


Dirinya memaparkan terkait tiga kategori penjurian, diantaranya Unik, Eksotik, dan Otentik Desa Wisata yang ada di Indonesia.

"Itu yang barangkali kami menilai adanya suatu keunikan, eksotik dan keotentikan, itulah kira-kira yang akan dinilai besok kunjungan pak Mentri kita, walaupun pak Mentri itu dicelah-celah kesibukan tapi tetap datang ke Desa Wisata Kelawi ataupun Pantai Minang Rua, dan ini sangat bagus dan mudah-mudah sukses," papar Ketua juri Adwi.


"Jadi kita sosialisasikan bagaimana Desa Wisata itu harus dibangun, tapi juga kita persiapan juga semangat kita untuk menghadapi pak Mentri," imbuhnya lagi kepada awak media yang hadir.

Ketua juri Adwi Prof. Azril Azahari Ph.D, menambahkan, "itulah hebatnya Pariwisata atau kepariwisataan, dia tidak bisa berdiri sendiri harus berkolaborasi dengan sektor-sektor lain atau dinas-dinas lainnya, sehingga ada Desa Wisata yang lain berbasis lain, mungkin budaya, kuliner, souvenirnya, sehingga masing-masing mendapat unggulan, keunggulan itulah yang kita cari, dari ketiga itu apa yang paling kuat, mudah-mudah di Lampung bisa dibangun dengan Unik, Eksotik dan Otentiknya," tambahnya lagi.


"Dari 75 Desa Wisata yang mendapat suatu penilaian tertinggi, itu Wisata Baharinya itu sangat sedikit, makanya kembangkan wisata Bahari dan juga disini kita angkat juga konservasinya berbasis dengan tanamannya seperti disini yaitu dengan alpukatnya, ini barangkali yang akan mendapat juara, rekor, mudah-mudahan, kita doakan saja, untuk besok pak Mentri akan mengerti, kami akan membantu dengan kejuriannya." Pungkas Prof. Azril Azahari Ph.D.

(Red) 



TerPopuler